Kecerdasan Finansial Anak

Sebagai orang tua tentu menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak, berbagai ilmu dan pendidikan diberikan sebagai bekal anak untuk kehidupannya. Sayangnya pendidikan tentang keuangan kadang kala menjadi hal yang dikesampingkan dibandingkan hal–hal yang lain, padahal memberi edukasi keuangan sejak dini bisa membantu anak untuk mulai belajar bertanggung jawab dan di masa depannya anak bisa merencanakan keuangannya sendiri dengan baik.

Langkah pertama bagi para orang tua dalam memberikan edukasi keuangan yang baik untuk anak tercinta adalah dengan menjadikan diri Anda sebagai contoh dan panutan.  Seperti kita ketahui, anak adalah peniru yang baik, mereka lebih cepat meniru apa yang Anda lakukan ketimbang apa yang Anda katakan.  Untuk mengajarkan anak bersikap bijak mengelola keuangannya, maka Anda harus lebih dahulu melakukannya.

Selanjutnya, pendidikan dapat dilakukan secara bertahap, yaitu:

Tahap balita, pada tahapan ini anak sudah mulai dikenalkan akan fungsi uang dan kegunaannya untuk bertransaksi. Dengan cara-cara yang menyenangkan, anak dapat diajak untuk ikut bertransaksi dengan Anda pada saat Anda berbelanja atau membayar sesuatu.  Dengan hal-hal sederhana tersebut , kita sudah mulai merangsang kecerdasan finansial pada anak.

Tahap selanjutnya, ketika anak sudah mengenal angka dan sudah mulai belajar menghitung, saat ini Anda sudah dapat mengajarkan perbedaan nilai uang kepada anak.  Mengajarkan perbedaan nilai uang bisa dari bentuk, warna, tulisan, ataupun ciri-ciri dari uang tersebut.

Setelah anak Anda beranjak besar, dan sudah mulai sekolah, pendidikan finansial sudah mulai bisa dikombinasikan dengan mengajarkan anak untuk mengemban tanggung jawab.  Saat ini Anda sudah mulai bisa memberi uang saku kepada anak Anda.  Uang saku bisa menjadi media pembelajaran anak dalam mengelola keuangannya secara sederhana. Mulailah dengan memberikan uang saku secara harian, kemudian bertahap menjadi mingguan, dua mingguan, dan bulanan seiring dengan meningkatnya kemampuan anak dalam mengelola keuangannya. Live a beautiful life !

Liza Herlina
ZAP Finance