Utang dan Cara Menghindarinya

utang dan cara menghindarinya-ngaturduit.com

Iklan tentang kemudahan mendapatkan utang banyak sekali berseliweran mulai dari media cetak, internet, hingga selebaran-selebaran di pinggir jalan. Tulisan-tulisan tersebut menunjukkan betapa mudahnya mengajukan utang atau pinjaman, bahkan tanpa agunan. Namun demikian, janganlah cepat terlena. Di balik kemudahan tersebut, terdapat jerat bunga yang tinggi yang bisa mencekik Anda sewaktu-waktu.

Jika Tidak Perlu, Sebaiknya Jangan Berutang

Worried couple doing their accounts in the living room

Banyak orang yang memulai utang karena tidak mampu menahan keinginan. Membeli secara kredit sofa baru menjelang lebaran agar tidak malu dengan para tamu, padahal sofa yang lama masih cukup bagus dan layak pakai, atau memaksakan diri ikut hang out di café menggunakan kartu kredit karena tidak enak dengan teman-teman, dan sejenisnya.

Jika tidak terlalu mendesak, sebaiknya hindarilah untuk berutang. Terlebih jika Anda adalah orang yang kurang mampu mengelola keuangan dengan baik. Sekali masuk ke dalam jebakan utang, Anda memiliki peluang untuk terjerat lebih dalam.

Jika Harus Berutang, Gunakan Hanya Untuk Hal-Hal yang Produktif

studying-gif

Utang memang tidak selamanya membawa keburukan. Di saat mendesak, melalui bantuan utang, mungkin hidup seseorang bisa terbantu. Selain itu, utang juga bisa menjadi hal yang positif jika digunakan secara benar, khususnya untuk hal-hal yang produktif seperti pengembangan usaha.

Namun demikian, sebelum memutuskan untuk berutang, pastikan Anda memiliki perhitungan yang matang mengenai peruntukan dan cara pembayarannya. Kelolalah uang pinjaman tersebut sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Keuntungan tersebutlah yang nanti bisa Anda gunakan untuk mencicil atau melunasi utang.

Cara Menghindari Utang

tumblr_mi6qjqXDtU1qf7m6no1_500

● Hidup sederhana dan jangan terlena gaya hidup

Gaya hidup adalah salah satu variabel yang bisa memicu seseorang untuk berhutang. berusahalah untuk hidup sederhana, dengan begitu Anda dapat meminimalisasi pengeluaran yang tidak perlu dan bisa memanfaatkan dana yang ada secara lebih optimal dan tidak perlu berutang.

Bukankan lebih baik tampil seadanya namun bisa hidup dengan tenang, dibandingkan tampil gaya namun dihantui tagihan dan dikejar-kejar debt collector.

● Buat perencanaan keuangan yang efektif

Utang bisa berawal dari tidak adanya rencana dan pengaturan keuangan yang jelas. Jika Anda tidak melakukan pencatatan dan mengatur pos-pos keuangan berdasarkan kebutuhan selama satu bulan, Anda tidak akan memiliki batasan dan berpeluang menggunakan dana yang ada sesuka hati. Akibatnya Anda kehabisan uang sebelum waktunya dan mencari dana talangan dengan berutang kepada orang lain.

● Hindari kartu kredit

Utang juga bisa muncul karena terfasilitasi, salah satunya melalui kartu kredit. Dengan adanya kartu kredit Anda merasa mampu membiayai sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan atau tidak Anda rencanakan.

Selain itu, kartu jika tidak digunakan secara bijak, kartu kredit bisa menjerat penggunanya dalam kubangan utang dan jeratan bunga yang beranak pinak.

Untuk itu, jika dirasa tidak terlalu membutuhkan, atau tidak mampu mengekang keinginan, buanglah jauh-jauh keinginan untuk memiliki kartu kredit.

● Budayakan menabung

Dalam hidup, ada kalanya Anda mengalami kesulitan keuangan yang mungkin diakibatkan oleh musibah, sakit atau pengeluaran keluarga yang tidak diduga-duga. Di saat-saat seperti ini Anda mungkin membutuhkan bantuan pinjaman/utang dari orang lain.

Hal tersebut sebenarnya bisa dihindari jika Anda memiliki tabungan atau dana darurat. Untuk itu kelolalah keuangan Anda sebaik mungkin dan masukan pos tabungan di dalamnya.

Tabungan juga bisa digunakan untuk modal investasi sehingga bisa membantu Anda meningkatkan kondisi finansial keluarga. Selain itu, dengan menabung Anda juga bisa membeli kebutuhan secara tunai, tanpa harus mencicil dan menanggung beban utang.

Secara logika, Jika Anda mampu membayar cicilan setiap bulan, Artinya Anda juga mampu menabung dengan jumlah yang sama. Bedanya, jika dengan berutang barang yang Anda inginkan bisa didapatkan di awal, dengan menabung mungkin barang tersebut baru bisa Anda dapatkan setelah uangnya terkumpul.

Demikian tadi beberapa hal mengenai utang dan cara menghindarinya. Hiduplah dengan sederhana dan atur keuangan Anda dengan sebaik-baiknya. Semoga dengan demikian kita semua bisa terhindar dari jerat utang yang menyiksa. Semoga bermanfaat.