Umur Panjang, Fisik Prima

badan sehat

Di tulisan sebelumnya, saya berpendapat bahwa salah satu komponen utama untuk mendapatkan pengalaman hidup yang optimal adalah umur yang panjang. Di jaman modern sekarang, harapan hidup orang Indonesia semakin panjang lho.. Dari 62 tahun (1990), sekarang sudah sekitar 71 tahun. Tentu ini juga didukung oleh majunya dunia kesehatan.

Tapi selain umur, sebenarnya kita ingin hidup yang nyaman dong. Setuju kan.. Siapa sih yang mau panjang umur kalau secara fisik dan finansial malah menjadi beban bagi keluarga kita nantinya?

Di acara kami bersama Rai Fitness (yang juga dihadiri mas Ade Rai), kami akan ajarkan cara melatih mental supaya umur bisa bertambah hingga 15 tahun. Yah, kalau emang nasib kena penyakit kritis atau kecelakaan, itu sih udah beda urusannya ya.. Yang diajarkan nanti tentu yang dalam batas kekuasaan kita :)

Nah, tadi sepakatnya mau hidup dengan umur panjang tapi fisik dan keuangan harus mendukung. Kalau dari segi fisik, dasarnya ada 3:
1. Olahraga
2. Nutrisi / Gizi
3. Istirahat

Kelihatannya gampang, tapi susah lho prakteknya. Mas Heintje Pojoh, pembicara di acara 11 April nanti, bilang ke saya, “banyak orang yang mau hidup sehat tapi sebenarnya gak sayang sama badannya.” Jujur waktu dia bilang gitu sih, rasanya jleb kena banget hahaha… Olahraga kurang, makan berantakan, jam tidur gak jelas..

Seminar NgaturDuit - Rai FitnessTapi yang menarik, ternyata perbandingan antara tiga pilar itu bisa kita manipulasi. Misalnya, kalau memang suka junk food, bisa ditutupi dengan meningkatkan olahraga.. Untuk lengkapnya, nanti aja mas Heintje jelaskan di acara, karena saya bukan pakarnya (takut salah hehe). Yang pasti, kalau kita bisa jaga ketiga hal di atas, mudah-mudahan fisik kita tetap prima meskipun sudah di usia senja.

Olahraga pun gak harus bodybuilding kayak beliau. Kalau memang hobinya lari, silahkan lari.. Kalau suka sepedaan, jangan berhenti. Tapi nanti mas Heintje akan bagi ilmu olahraga pendukung supaya olahraga dan tubuh kita optimal itu seperti apa.. Soalnya kalau misalnya suka lari jarak jauh (maraton) lalu olahraganya lari saja, secara jangka panjang malah bisa membahayakan tubuh lho..

Nah, setelah fisik, sekarang kita harus bahas soal duit nih… Yang tadinya kita punya bayangan masa pensiun 15-20 tahun, sekarang nambah 15 tahun lagi. Udah gitu, maunya kan menambah pengalaman hidup. Pasti butuh duit kan… Pusing? Jangan khawatir.. Saya juga pusing #lho#

Biar gak pusing, nanti di tulisan selanjutnya kita akan tanya ke mbak Yosephine deh soal urusan persiapan duitnya. Setuju..?

User Rating: 5.0 (1 votes)
Sending