Uang Saku untuk Anak

Memberi uang saku kepada anak kadang menjadi dilema tersendiri untuk orangtua, apakah terlalu cepat atau terlalu lama waktunya, apakah jumlahnya terlalu banyak atau justru terlalu sedikit. Sehingga banyak orang tua yang pada akhirnya tidak mempercayakan anak untuk memegang uang sakunya sendiri.

 

Pemberian uang saku sebenarnya adalah salah satu media sederhana untuk mulai mengajarkan arti perencanaan, tanggung jawab. Jumlah uang saku yang akan diberikan dapat dikomunikasikan sesuai dengan kebutuhan anak dan kemampuan orangtua, adapun pemberian uang saku itu sendiri baiknya dilakukan secara bertahap. Mula-mula anak diberikan kepercayaan untuk mengelola uang saku secara harian, lalu jika dipandang sudah cukup bisa mengelola penggunaannya, pemberian bisa ditingkatkan menjadi mingguan dan akhirnya bulanan.

 

Perlu diperhatikan juga perbedaan uang saku dan uang jajan. Jika anda memberikan uang jajan, maka kecenderungan anak untuk menghabiskan uang tersebut seluruhnya untuk jajan tanpa memikirkan kebutuhan yang lain. Uang saku adalah uang yang diberikan oleh orangtua dengan perencanaan yang jelas, baiknya anak juga sudah mulai diajarkan kegunaan uang selain untuk berbelanja atau jajan. Fungsi uang selain berbelanja juga adalah untuk menabung dan juga berbagi dalam kegiatan sosial, zakat, sumbangan dan sebagainya.

 

Mengenalkan pengelolaan uang saku selain juga akan membuat anak anda belajar membuat anggaran dan bertanggung jawab atas anggaran tersebut. Anak yang diberikan uang saku yang tepat akan membentuk kebiasaan menghargai uang dan melatih anak melakukan prioritas, mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Jika anak benar-benar menginginkan sesuatu, maka harus ada perjuangan yang dilakukan, salah satunya dengan menunda belanja dan memperbesar tabungan.

 

Live a beautiful life !

 

Liza Herlina (Associate Planner)
ZAP Finance
Gedung Menara Prima lantai 26D
Jl. Lingkar Mega Kuningan
Jakarta 12950
Telp. (021) 5794-8059
Fax. (021) 5794-8057
Twitter: @zapfinance
Email: info@zapfin.com

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi dengan mudah dihttp://www.ngaturduit.com

Tags:,
  • Naveen

    Action fuel pro ingredients like doses of caffeine, taurine gives athletes the required energy boost.Action fuel pro benefits through L-Arginine which helps in muscle gain along with amino acids aiding in burning of fat. Action fuel pro is a safe supplement preferable by athletes and bodybuilders. Buy action fuel pro https://actionfuelpro.org