Tips Sehat Keuangan untuk Sambut Musim Belanja Akhir Tahun

Akhir tahun - ngaturduit.com

Siapa yang tidak suka, jika bisa mendapatkan barang branded dan berkualitas dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Rasanya, semua orang menyukai dan tidak akan melewatkannya. Terlebih lagi, setiap akhir tahun berbagai kota Indonesia, sudah menyuguhkan diskon yang gede-gedean di berbagai Mall dan wisata belanja lainnya.

Tak suka bepergian ke luar rumah? Anda dapat memborong barang yang diinginkan melalui e-Commerce atau toko online. Apalagi, setiap akhir tahun e-Commerce dan toko online di Indonesia sudah banyak yang berpartisipasi mengikuti Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang diadakan setiap 11 November dan 12 Desember.

Namun, berbelanja saat diskon bukan tanpa tanda bahaya, jika dilakukan tanpa persiapan dan perhitungan yang tepat malah bisa menjebol isi dompet yang akan mengakibatkan tidak sehatnya kondisi keuangan Anda.
Lima trik di bawah ini bisa dijadikan alternatif cara agar Anda dapat berbelanja tanpa khawatir kondisi keuangan menjadi buruk saat pesta diskon dimulai.

1. Buat rencana belanja

Shopping
Walaupun ada potongan harga, bukan berarti Anda dapat mengambil atau klik barang seenaknya saja ya. Anda harus tetap memerhatikan berapa total biaya yang harus dikeluarkan.

Oleh karena itu, buat daftar barang-barang yang ingin Anda beli saat pesta diskon nanti. Jangan sampai dana untuk pengeluaran sehari-hari ikut habis karena pengeluaran belanja.

Biasanya, beberapa gerai menerapkan trik diskon ‘beli 2 gratis 1′, tak ada salahnya jika Anda mencari beberapa teman untuk mempersiapkan mengambil kesempatan untuk trik diskon seperti itu.

2. Cari tahu harga asli sebenarnya

1385156020000-4-Mark-Ellwood
Meski bukan hal yang sebaiknya dilakukan, namun beberapa trik diskon kerap menaikkan harga asli hingga berkali lipat (mark up) kemudian baru memberikan diskon. Contohnya, tas dengan brand tertentu dinaikkan hingga 60 persen, kemudian diberikan diskon hingga 50 persen. Melihat diskon hingga setengah harga untuk barang branded, pastinya sangat menggiurkan, tapi setelah pesta diskon berakhir, ternyata barang yang dibeli saat diskon sama saja dengan harga sebelum diskon.

Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui harga asli dari barang yang diincar. Survei online atau bertanya pada teman bisa jadi cara untuk mencari harga asli.

3. Pilih tempat atau situs e-Commerce

Why-choose-ODYSSEY-Point-of-Sale1
Sebelum pesta diskon akhir tahun dimulai, pelajari dulu kebiasaan gerai yang ada di Mall atau e-Commerce saat memberikan diskon. Berapa lama periode yang diberikan dalam memberikan diskon, barang mana saja yang memberikan diskon besar, dan bagaimana syarat dan ketentuan untuk mendapatkan diskon tersebut.

Misalkan di Mall A, diskon besar-besaran diadakan hanya dalam waktu tiga hari, itupun saat mid night sale. Ataupun pada e-Commerce tertentu, untuk mendapatkan smartphone A, dengan diskon hingga 70 persen, hanya ada 1 hari, dengan jam yang sudah ditentukan. Dan syaratnya, hanya untuk 10 orang tercepat.

Mempelajari beberapa hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pembelian serta tidak ketinggalan program promo yang disediakan.

4.Tahan godaan sebelum pesta diskon dimulai

berburu-diskon-ilustrasi-_140502142724-840
Barang yang didiskon hingga 90 persen pun tidak ada artinya jika Anda tidak memiliki dana untuk membelinya, bukan? Agar rencana belanja Anda berhasil, lebih baik mulai sisihkan dana dari pendapatan bulanan daripada menggunakan dana yang hanya berasal dari pemasukkan satu bulan saat pesta diskon berlangsung.

5. Bandingkan Harga

images
Saat pesta diskon dimulai, saatnya Anda mulai memburu barang yang diincar. Sebaiknya, jangan terpaku pada satu toko atau satu e-Commerce. Bandingkan terlebih dahulu dari segi harga dari beberapa toko, siapa tahu jika Anda beruntung, dengan harga yang sama Anda bisa mendapatkan bonus yang lainnya.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan saat akan berburu barang-barang diskon adalah Anda harus memastikan terlebih dahulu alokasi dana yang akan dikeluarkan untuk berbelanja. Selalu teliti dan cermat saat melihat diskon yang tertera. Dan, pastikan barang yang dibeli dalam kondisi yang masih bagus, bukan barang rejected, dan belum melewati tanggal kadaluarsa untuk makanan.