Tips Sehat Keuangan di Era Digital

belanja online-ngaturduit.com

Era digital yang kini semakin canggih memudahkan aktivitas dengan hadirnya berbagai layanan dan aplikasi canggih terbaru. Bahkan, untuk belanja kebutuhan sehari-hari kini semua sudah bisa dilakukan secara online tanpa lagi perlu pergi ke toko.

Anda juga tidak perlu ribet menulis daftar pemasukan dan pengeluaran keluarga di buku lagi. Anda tinggal memanfaatkan aplikasi yang ada di PC atau pun smartphone. Tidak perlu lagi menjumlah dengan manual, karena semua sudah otomatis dikalkulasikan dengan aplikasi canggih tersebut.

Namun, ada sisi buruk yang muncul dari perkembangan teknologi, yang jika tidak disikapi dengan baik akan membuat kondisi keuangan Anda memburuk. Kemudahan berbelanja bisa menjadikan Anda semakin konsumtif. Iklan yang muncul setiap Anda mengakses internet akan mengajak Anda untuk membeli berbagai barang, yang bisa jadi tidak/belum Anda butuhkan.
Nah, untuk itu Anda perlu mempersiapkan diri Anda agar tetap bisa menjaga kesehatan keuangan dan tetap mengikuti perkembangan zaman digital. Berikut ini beberapa tips agar kondisi keuangan Anda tetap sehat di era digital.

Manfaatkan Promo Diskon Toko Online

self-gift-850x476
Jika waktunya belanja tiba, maka Anda bisa memanfaatkan toko online atau mall online untuk berburu promo atau diskon. Promo diskon ini bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran yang seharusnya besar menjadi lebih kecil, sehingga uangnya bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya atau ditabung.

Kemudahan berbelanja online bukan satu-satunya alasan untuk mencoba berbelanja lewat internet. Anda juga bisa menghemat biaya transportasi kerena biaya kirim biasanya lebih murah dari ongkos bensin dan biaya macet. Jangan lupa harus tetap teliti saat berbelanja online.

Buat Daftar Belanja

611
Perkembangan digita yang memudahkan dalam berbelanja online terkadang memberikan rasa berbeda dengan berbelanja offline, namun pada dasarnya sama saja. Anda tetap harus membuat daftar belanja agar tetap fokus pada kebutuhan yang pokok. Jangan sampai Anda tergiur promo produk yang tidak ada dalam daftar belanja. Jika memang ingin belanja produk yang di luar daftar belanja, maka Anda harus mengatur terlebih dahulu agar keuangan Anda tidak ´bocor´.

Pisahkan Antara Kebutuhan Pokok dan Sekunder

memilih
Dengan iklan promo diskon yang bertebaran di internet, tentu Anda akan tergiur untuk membeli, meskipun produknya tidak terlalu dibutuhkan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka salah satu caranya adalah dengan menyisihkan dana untuk kebutuhan belanja gaya hidup (gadget, sepatu, pakaian dan lainnya).

Dana ini tentunya tidak boleh berlebihan dan disusun dengan melihat kebutuhan dana untuk hal pokok. Anda bisa menyisihkan dalam jumlah sedikit dan menggunakan saat jumlahnya sudah cukup.

Dengan pos khusus ini keuangan Anda akan lebih tertata dan bisa menjelajah toko online dengan lebih nyaman. Karena saat yang tepat, Anda bisa membeli barang yang diinginkan.

Manfaatkan Aplikasi Pengatur Keuangan

ACHS_student
Kini telah banyak aplikasi pengatur keuangan di toko aplikasi, baik itu Android atau iOS. Anda bisa memilih mana yang paling mudah digunakan, yang berbayar atau yang gratis. Smartphone yang Anda bawa ke mana pun akan bisa menjadi ´senjata´ yang ampuh untuk mendata pemasukan dan pengeluaran setiap saat, di mana pun, dan kapan pun tanpa ribet lagi.
Aplikasi dan perangkat bergeral ini akan bisa menggantikan catatan dengan buku fisik. Beberapa aplikasi juga bisa memberikan notifikasi mengenai kondisi kesehatan keuangan terbaru atau mengingatkan Anda untuk selalu mencatat pengeluaran dan pemasukan.

Pilih Marketplace atau Toko Online yang Terpercaya

shopping-2
Semakin berkembangnya teknologi, tidak hanya hal positif yang kita dapat. Namun, ada hal negatif yang harus tetap diwaspadai. Salah satunya adalah penipuan di internet. Saat ini sudah banyak korban dari penipuan online, ulai dari ulah toko online palsu, produk palsu, sampai akun artis palsu untuk jualan.

Nah, Anda harus tetap berhati-hati dan menjadi smart buyer saat berbelanja online. Pilih toko online atau marketplace yang terpercaya, aman dan mendapat feedback baik dari konsumen. Dengan menjadi pembeli yang cedas, tentunya akan mengurangi dampak kerugian keuangan jika terjadi penipuan atau barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang ditawarkan.

Pilih Bank yang Biaya Transfernya Murah

Yami-Gautam-bank
Untuk membayar pesanan Anda saat berbelanja online tentu membutuhkan cara pembayaran, salah satu yang paling populer adalah dengan transfer antar rekening bank. Biasanya toko online yang baik akan memberikan beberapa pilihan bank, nah Anda bisa memilih yang biayanya paling rendah, atau bank yang juga Anda gunakan. Dengan cara ini, biaya tambahan dalam pengeluaran belanja online bisa lebih diminimalkan.

Perkembangan teknologi seharusnya membantu Anda dalam menjalankan hidup dengan lebih baik, termasuk dalam mengatur keuangan. Perkembangan yang ada bisa Anda manfaatkan untuk menjaga agar kondisi keuangan Anda tetap sehat. Selamat mencoba tips di atas.