Tips Mengatur Keuangan untuk Mimpi Kuliah Lanjutan

melanjutkan kuliah - ngaturduit.com

 

Pendidikan tidak mengenal batasan usia, latar belakang keluarga, dan ekonomi. Meskipun ekonomi terbatas, bukan hal yang mustahil untuk Anda melanjutkan pendidikan kuliah. Meskipun dana pendidikan tidak lah sedikit, tapi Anda masih bisa menggapai mimpi untuk kuliah lanjutan. Salah satunya dengan mengatur keuangan dan mengikuti lima tips di bawah ini, agar impian Anda melanjutkan kuliah dapat tercapai.

1. Perhitungkan Biaya dan Waktu

01.-Hitung-Biaya-Bulanan
Buatlah target, kapan mimpi melanjutkan kuliah akan tercapai dan iniversitas atau sekolah tinggi mana yang akan dipilih. Anda bisa membandingkan dari segi fasilitas, akreditasi dan juga biaya dari masing-masing kampus. Mengenai biaya, untuk lebih jelasnya Anda dapat mengunjungi langsung kantornya. Tanyakan secara detil biaya apa saja yang akan dihadapi untuk jurusan yang akan diambil nanti. Dengan mengetahui secara detil biaya yang akan dihadapi, Anda dapat memulai membuat rencana keuangan.

2. Sisihkan Pendapatan

10102016-Sisihkan-pendapatan-untuk-tagihan-Paybill-Indonesia
Dari rencana keuangan yang dibuat, Anda akan mengetahui berapa biaya perbulan yang harus disisihkan. Setidaknya, dana yang Anda kumpulkan setiap bulannya cukup untuk Uang Kuliah Awal (UKA) dan Uang Kuliah Semester (UKS) pertama. Idealnya, Anda mulai menyisihkan 20 persen dari pendapatan setiap bulannya untuk ditabungkan. Jangan lupa juga, sediakan biaya inflasi yang biasanya memengaruhi kenaikan biaya pendidikan minimal 10 persen per tahun. Tapi, dana yang disisihkan harus disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda, jangan sampai karena habis-habisan menabung, biaya makan malah sangat kurang.

3. Pilih Jenis Tabungan atau Investasi

jenis-investasi-part-1-670x415
Dari pendapatan yang disisihkan setiap bulannya Anda dapat menjadikannya sebagai tabungan uang, tabungan emas, mengikuti reksadana, tabungan atau investasi pendidikan. Pilihan-pilihan tersebut harus disesuaikan dengan berapa lama lagi target Anda untuk menggapai mimpi kuliah lanjutan. Cari tahu juga kelebihan dan kekurangan saat memilih untuk menabung atau berinvestasi. Agar tabungan dapat terkontrol, sebaiknya buat dua rekening bank. Satu rekening untuk biaya pribadi dan rekening lainnya yang dianggarkan untuk tabungan.

4. Lakukan Penghematan

663x442-pinjam-bank-untuk-membiayai-pernikahan-boleh-asal-161026k
Biasakan untuk patuh pada diri sendiri mengenai anggaran yang telah ditetapkan. Contohnya dalam seminggu Anda menganggarkan biaya Rp200.000,- untuk biaya transportasi dan konsumsi. Jangan sampai pengeluaran melebihi anggaran yang sudah ditetapkan. Tapi, apabila tabungan dirasa masih kurang, Anda bisa melakukan penghematan dengan mengurangi pos terbesar. Misalkan, biaya konsumsi merupakan pos paling besar siasati dengan cara mengurangi makan di luar atau sekali waktu membawa bekal.

5. Ikuti Program Biaya Kuliah

beasiswa-korea-selatan
Perguruan tinggi, lembaga pendidikan pemerintahan dan swasta, yayasan pendididikan, ataupun perusahaan selalu memberikan beasiswa setiap tahunnya kepada seseorang yang berprestasi, baik akademik ataupun non-akademik. Jika Anda tertarik untuk mengikuti beasiswa, persiapkan diri untuk memenuhi kriteria-kriteria persyaratan, agar lolos seleksi.

Yang paling tepat dalam mengatur keuangan untuk melanjutkan kuliah adalah bijak dalam mengatur antara pemasukan dan pengeluaran. Disiplin dalam menjalankan rencana juga adalah sikap yang harus dijaga. Menabung atau berinvestasi dengan dana kecil juga bisa menjadi alternatif dalam mempersiapkan dana di kemudian hari. Tidak lupa untuk bulatkan tekad dan tujuan untuk apa Anda melanjutkan kuliah, sehingga saat Anda akan melanggar anggaran yang telah dibuat, bisa mengingat tujuan dari hal itu.