Tips Mengatur Keuangan untuk Membeli Perlengkapan Bayi bagi Pasangan Muda

anak pasangan muda - ngaturduit.com

Semua orang tua di dunia ini pastinya menginginkan yang terbaik untuk kehidupan anaknya. Oleh karena itu, sudah mulai banyak orangtua yang sedari dini mempersiapkan dana untuk masa depan anaknya. Tak terkecuali, bagi pasangan muda yang sedang mempersiapkan kelahiran bayi pertama.

Keluarga muda sebaiknya mulai membiasakan untuk berhemat dan cermat sejak awal. Masih banyak pengeluaran yang harus dipersiapkan yang akan dihadapi seperti membeli perlengkapan bayi, menyiapkan dana saat dan pasca kelahiran, dan juga biaya sekolah anak.

Kesalahan utama yang sering dilakukan oleh pasangan muda saat mempersiapkan keperluan bayi pertama adalah berlebihan dalam membeli perlengkapan bayi.

Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membeli perlengkapan bayi dengan hemat. Diantaranya:

 

Menyusun Daftar Belanjaan

Young couple calculating their domestic bills at home

Beragam sekali perlengkapan bayi mulai dari pakaian, mandi, tidur, hingga menyusui. Meskipun banyak, tidak semua perlengkapan harus Anda miliki. Untuk mempermudahnya, Anda dapat bertanya kepada orang yang sudah memiliki anak, perlengkapan bayi apa sajakah yang benar-benar dibutuhkan. Setelah itu, Anda dapat membuat daftar perlengkapan, dan banyaknya barang yang harus dibeli.

 

Menyicil Pembelian Perlengkapan

1

Agar tidak terlalu memberatkan kondisi keuangan, Anda dapat mulai menyicil keperluan perlengkapan bayi sedari Anda mengetahui jenis kelamin bayi Anda kelak. Misalkan pada bulan pertama, Anda dapat membeli pakaiannya terlebih dahulu. Untuk membeli pakaian, usahakan ukurannya satu nomor lebih besar karena bayi memiliki perkembangan yang cepat. Karena bayi sering kali perlu ganti pakaian, Anda dapat menyediakan pakaian bayi minimal 14 setel dalam seminggu, itupun jika Anda mencucinya seminggu sekali.

 

Meminjam dari Orang Lain

index

Perlengkapan bayi seperti kereta dorong, boucer, ataupun alat pemanas botol susu dapat Anda pinjam dari sanak keluarga yang sudah tidak memakainnya lagi atau dari tempat penyewaan. Terkecuali, untuk perlengkapan yang bersifat personal seperti alat pemompa susu karena dapat menularkan kuman atau kurang higienis jika digunakan oleh beberapa orang.

 

Berburu Barang Diskon

images

Waktu yang tepat untuk membeli perlengkapan bayi dengan cara hemat salah satunya adalah saat diskon. Apalagi untuk perlengkapan bayi yang memiliki harga cukup tinggi. Anda dapat berburu barang diskon di supermarket atau melalui toko online yang ada di Indonesia.

 

Hadiah dari Teman atau Kerabat

baby-gift1

Pada umumnya, saat bayi lahir, teman dan sanak keluarga Anda akan memberikan ucapan sekaligus memberikan kado. Beberapa kalangan, biasanya langsung menanyakan kebutuhan yang belum dimiliki. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakannya untuk memenuhi perlengkapan bayi, asalkan hadiah yang diminta tidak memberatkan pemberi hadiah.

Saat berbelanja perlengkapan bayi, sebaiknya didampingi dengan orang yang sudah berpengalaman, agar ia dapat memberitahu tahu dan menyadarkan Anda ketika mulai membeli perlengkapan bayi hanya karena alasan lucu atau keinginan sesaat bukan karena kebutuhan. Tealiti kembali barang yang akan dibeli dari segi harga dan pilihlah bahan yang aman digunakan untuk bayi.

Pengaturna keuangan tidah melulu untuk membeli rumah, pendidikan atau yang lainnya. Saat mempersiapkan kelahiran bayi juga diperlukan pengaturan keuangan yang baik termasuk juga trik dalam melakukan pembelian.