Tips Liburan Hemat

Waktunya liburan telah tiba… horeee. Rencana liburan sudah disiapkan dari jauh jauh hari, mulai dari transportasinya, penginapannya, rencana jalan jalannya sampai list siapa saja yang harus dibelikan oleh oleh. Tapi sebelum kita berangkat, coba kita hitung lagi berapa alokasi dana yang sudah siap kita habiskan. Jangan sampai uang yang kita bawa kurang dan terpaksa deh harus pakai kartu kredit lagi untuk menutupi kekurangannya. Memang, liburan adalah waktunya bersenang-senang, tapi tidak berarti kita harus menggunakan uang dengan bebas lho. Pastinya, kita tidak mau pulang liburan, pikiran sudah “fresh” lagi, tiba-tiba dirusakkan dengan tagihan kartu kredit yang membengkak.

Sebelum kita berangkat, yuk kita siapkan strategi supaya dana liburan kita cukup.

  1. Catat tagihan kartu kredit yang kita gunakan untuk membeli tiket, booking hotel serta pembayaran dengan kartu kredit lainnya. Kalau tidak ada lagi hutang kartu kredit, karena sudah lunas jauh jauh hari, bagus lah. Tapi kalau jatuh temponya bulan depan, nah ini, ayo sisihkan dari sekarang uangnya, disiapkan dalam rekening tabungan yang terpisah supaya tidak terpakai saat liburan.
  2. Siapkan pembayaran cash sepanjang liburan yang sudah pasti seperti penginapan, tempat rekreasi, transportasi ditempat liburan, konsumsi dan biaya lainnya. Kalau kita tahu ditempat liburan kita bisa mengambil dari ATM bank disana, baiknya jangan terlalu banyak membawa cash. Tapi, kalau tidak pasti, siapkan cash nya sesuai dengan anggaran yang sudah kita buat.
  3. Cadangkan alokasi dana darurat, karena kita tidak tahu apa yang mungkin terjadi ditempat liburan. Selipkan sedikit cash dalam dompet yang berbeda, atau siapkan kartu kredit yang bisa dipakai sewaktu waktu disana. Kalau perlu belilah asuransi perjalanan yang bisa meng’cover’ kondisi darurat di tempat liburan.
  4. Perkirakan anggaran mana yang bisa melonjak. Konsumsi dan membeli oleh oleh serta souvenir ditempat liburan adalah anggaran yang bisa melebihi dari perkiraan kita. Cobalah buat aturan sedikit ketat dibagian ini. Saat kita datang ditempat liburan, lakukan sedikit survei tentang tempat makan yang nyaman tapi dengan harga yang sesuai budget. Buatlah strategi agar anggaran konsumsi kita cukup dan tidak melebihi anggaran. Begitu pula dengan anggaran souvenir dan oleh-oleh. Buat daftar siapa saja yang akan kita belikan oleh-oleh, lengkap dengan maksimal anggarannya. Ayo, inilah waktunya untuk mencari souvenir cantik tanpa melebihi budget.

Apa yang harus kita lakukan saat waktu liburan belum habis, tapi sudah tidak ada uangnya lagi ?

Buat prioritas penggunaan dana hingga akhir liburan. Konsumsi dan transportasi adalah yang utama, yang terpaksa harus kita ambil dari dana darurat. Kalau terpaksa harus menggunakan kartu kredit untuk pembayarannya, buatlah budget yang ketat dan tidak digunakan untuk berbelanja yang tidak perlu ya.

Nah, sudah siap dana liburannya ? yuk kita packing dan berlibur……

Tejasari CFP®

User Rating: 2.0 (1 votes)
Sending