Tips Hidup Hemat untuk Para Pekerja di Jakarta

hidup hemat - ngaturduit.com

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta menjadi incaran bagi para pekerja, karena dicap memilihi lahan kerja yang masih luas. Gelar sebagai ibu kota pun, menjadikan Jakarta memiliki gaya hidup yang tinggi dibandingkan kota lainnya di Indonesia. Tingginya biaya hidup di Jakarta memunculkan berbagai cara untuk bisa menjalani gaya hidup sederhana untuk bertahan di Jakarta.

Bagaimana caranya, agar mampu hidup hemat di ibu kota bagi para pekerja? Berikut ini lima langkah sederhana yang dapat Anda lakukan:

1. Usahakan Memasak Makanan

memasak makan-ngaturduit.com

Salah satu pengeluaran terbesar adalah biaya makan. Bayangkan saja, jika Anda harus makan di luar seperti kafe atau restoran. Dalam satu kali makan Anda harus merogoh kocek minimal Rp50.000. Lain halnya jika Anda pergi ke pasar tradisional atau mendatangi supermaket yang sedang memberikan diskon di akhir pekan. Anda dapat membuat daftar olahan makanan selama satu minggu, misalkan daging ayam atau sayur-sayuran. Biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp100.000,- tapi bisa Anda gunakan untuk penyediaan makanan selama satu minggu.

2. Gunakan Transportasi Umum

new-york-city-subway

Menurut Studi Kastrol (2015), Jakarta Indonesia adalah negara ke-1 di dunia yang mengalami tingkat kemacetan tertinggi, berdasarkan frekuensi pengemudi berhenti dan berjalan di jalanan. Macet hanya akan menyebabkan Anda kelelahan dan di sisi lain bensin pun semakin boros, apalagi saat menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mensiasatinya, Anda dapat mencoba menggunakan kendaraan umum, seperti: TransJakarta, KRL Commuter Line ataupun angkot. Sehingga, Anda dapat menghemat berbagai biaya untuk membeli bensin, parkir, ataupun biaya tol.

3. Manfaatkan Diskon Transportasi Online

MGB19 Metrorail News rk (2)

Teknologi yang mutakhir menghadirkan kemudahan penggunaan transportasi umum yang dapat dipesan secara online, contohnya: motor, taksi, ataupun mobil. Disamping memberikan kemudahan dalam memesan dan menggunakan hanya melalui gadget, menggunakan transportasi online dapat menghemat biaya transportasi karena perusahaan transportasi online kerap memberikan promo bahkan hingga nol rupiah. Atau, saat transportasi online tidak memberikan promo, Anda dapat memanfaatkan fitur nebeng (ikut serta) yang disediakan oleh beberapa perusahaan atau komunitas.

4. Berkunjung ke Tempat Anti Mainstream

2016-01-22-1453422849-2843535-Traveling-thumb

Meskipun harus berhemat tinggal di Jakarta, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan hiburan. Hiburan tak hanya didapatkan dengan menonton film terbaru di bioskop atau menggelontorkan dana ratusan ribu rupiah ke tempat-tempat yang sedang tren. Bagaimana jika pergi pameran seni atau teknologi? Ataupun pameran lainnya? Selain mengeluarkan biaya yang sedikit, pengetahuan atau bahkan relasi pun bisa bertambah. Hiburan akhir pekan yang bisa Anda lakukan adalah menonton film favorit di DVD atau streaming.

5. Bawa Bekal Makan Siang

bekal makan siang

Setelah membeli persediaan bahan makanan selama satu minggu, sayang sekali, jika masakan hasil olahan tangan sendiri tidak dibawa untuk bekal makan siang di kantor. Membawa bekal makan siang, jauh lebih hemat dibandingkan makan di luar. Membawa makanan dari rumah selain untuk berhemat, Anda dapat menjamin kebersihan dari makanan itu sendiri.

Hidup hemat bukan berarti pelit. Meskipun Anda harus hidup hemat saat bekerja di Jakarta, bukan berarti Anda tidak bisa berbagi kepada orang yang membutuhkan. Anda dapat menyisihkan sebagian dari pendapatan yang diterima. Yang perlu diingat untuk hidup hemat di Jakarta bagi para pekerja adalah bisa memanfaatkan fasilitas yang beragam dan mengendalikan keinginan yang bersifat konsumtif serta mengatur keuangan secara cedas.