Tips Berlibur Tanpa Mengganggu Kesehatan Keuangan

tips berlibur-ngaturduit.com

Liburan adalah salah satu cara saat Anda ingin menenangkan pikiran dan bosan dengan rutinitas yang dijalani. Sayangnya, biaya untuk berlibur bukanlah dana yang kecil. Sehingga banyak orang harus mengalami keuangan yang tidak stabil pasca berlibur. Tapi, hal itu terjadi hanya jika Anda tidak mengalokasikan dana yang khusus untuk berlibur.

Bagaimana cara agar bisa berlibur tanpa menggangu kondisi keuangan? Mari simak tips berikut ini.

1.  Mulai menabung

photo-of-happy-siblings-lying-on-sand-on-summer-vacation-1436118906-TpGf

Salah satu cara agar liburan tidak mengganggu keuangan pribadi, mau tidak mau Anda harus menabung. Minimal, dalam sebulan Anda dapat menyisihkan 10 persen dari penghasilan. Anda dapat menggunakan tabungan berjangka dengan sistem auto debit, agar Anda tetap bisa disiplin dalam menabung dan menggunakan uang untuk keperluan konsumtif.

Atau cara unik untuk mengumpulkan dana berlibur adalah tabungan 20 ribu. Setiap Anda mendapatkan uang dengan nominal Rp20.000, Anda harus memasukkannya ke dalam celengan. Misalkan, setelah berbelanja, Anda mendapatkan kembalian Rp30.000, dengan pecahan Rp20.000 dan Rp10.000. Pecahan Rp20.000,- Anda masukkan ke celengan, meskipun nominalnya sedikit, asalkan Anda disiplin dalam melakukkannya, tabungan berlibur Anda akan terkumpul banyak.

 

2. Buat daftar kebutuhan dari jauh hari

HGHealthMyth001_man-think-about-sex_FS

Rencanakan berlibur dari jauh hari, minimal enam bulan sebelum keberangkatan. Dengan jangka waktu yang lumayan jauh, Anda memiliki kesempatan untuk mengumpulkan dana dan keperluan apa saja yang dibutuhkan selama liburan. Catat dengan rinci keperluan apa saja yang dibutuhkan, lamanya berlibur dan musim saat liburan.

Kebutuhan dan kegiatan yang akan dilakukan tentunya akan berpengaruh pada dana yang harus Anda persiapkan selama berlibur. Seperti: dana akomodasi contohnya biaya penginapan, dana konsumsi, dan dana tiket. Untuk pemesanan tiket, maskapai penerbangan dan kereta api, Anda bisa juga mencari tiket promo, sehingga menghemat pengeluaran.

 

3. Menggunakan travel agent

Travel-agent

Banyak orang berlibur dengan cara backpacker, karena dapat menghemat biaya dan bebas menentukan tempat. Backpacker sebaiknya dilakukan jika Anda sudah sangat mengetahui tempat yang akan Anda datangi, termasuk biaya-biaya terkecilnya. Meski demikian, walaupun sudah memilih cara yang paling hemat, terkadang itenary dan biaya yang dibutuhkan melampaui perkiraan.

Jika Anda tak siap dengan kejutan yang kurang menyenangkan saat berlibur atau Anda masih belajar untuk menyusun intenary, Anda dapat memilih travel agent. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui secara pasti biaya yang harus dikeluarkan, bahkan sebelum melakukan perjalanan libur.

 

4. Tidak membawa uang tunai berlebihan

Brits-say-getting-money-makes-them-happy-408302

Salah satu cara untuk mengontrol keuangan saat liburan adalah tidak membawa uang tunai secara berlebihan. Dengan cara ini, Anda akan berpikir dua kali jika membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Hitung terlebih dahulu biaya yang Anda butuhkan selama liburan, dan lebihkan 10 persen untuk biaya tidak terduga.

Tahan untuk tidak menggunakan kartu kredit dan meminjam uang teman saat ada barang yang ingin Anda beli, karena hanya akan membuat keuangan Anda tidak stabil setelah liburan berakhir.

 

5. Membatasi membeli oleh-oleh

1369184400280

Rasanya tidak afdol jika berlibur tanpa membawa buah tangan (oleh-oleh) untuk sanak keluarga, sahabat, dan rekan kerja. Tapi, jangan sampai urusan membeli oleh-oleh ini, membuat Anda harus banyak mengeluarkan biaya atau hingga meminjam uang teman. Apabila uang terbatas, Anda bisa membatasi orang-orang yang akan diberikan oleh-oleh atau memberikan oleh-oleh perkelompok. Hal itu, akan membantu Anda meminimalisir pengeluaran.

Tujuan berlibur adalah melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Jangan sampai setelah berlibur Anda terpontang-pantin karena keuangan yang tidak stabil. Selamat merencanakan liburan dan tetap sehat finansial.