4 Tips Mengatur Keuangan Agar Bebas Hutang

gali lubang tutup lubang hutang - ngaturduit

Berada dalam lingkaran hutang rasanya bagai kerakap di atas batu, hidup segan mati tak mau. Adapun munculnya hutang bisa disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari ketidakmampuan mengelola keinginan dan gaya hidup, kesalahan pengaturan keuangan, hingga bisnis yang tidak berhasil.

Agar Anda tidak masuk ke dalam lingkaran tersebut, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips dan trik mengatur keuangan agar bebas hutang berikut ini:

 

Tips #1: Buat pencatatan keuangan yang akurat dan tepatilah
Untuk menghindari munculnya hutang, Anda tentunya harus menyesuaikan seluruh pengeluaran dengan pendapatan yang diperoleh. Buatlah catatan terperinci mengenai berbagai biaya rutin seperti cicilan KPR, listrik, air, uang sekolah anak, uang belanja, transportasi, biaya komunikasi, hingga biaya hiburan.

Baca: Cara Mencatat Keuangan

Susun kebutuhan tersebut berdasarkan skala prioritas, buat anggarannya, bayar seluruh tagihan tepat waktu, dan berusahalah untuk mematuhi jumlah yang ditetapkan.

Dengan catatan yang terperinci, Anda bisa mendapatkan informasi akurat tentang sisa atau kekurangan dana yang harus dicari jalan keluarnya selain dengan cara berhutang, misalnya saja dengan menekan beberapa pos pengeluaran atau dengan mencari pendapatan tambahan.

Baca: Cara Membuat Anggaran

 

Tips #2: Ubah gaya hidup
Ketidakmampuan mengatur uang dan mengelola gaya hidup merupakan variabel terbesar yang bisa menyebabkan munculnya hutang. Untuk itu, agar terhindar dari hutang, Anda harus mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Baca: Memisahkan keingingan dengan kebutuhan

Membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan dan hanya memenuhi keinginan bisa membuat pengeluaran melonjak. Dan jika saat itu anggaran yang ada sudah habis, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan terpaksa meminjam dan menciptakan hutang dalam pos keuangan Anda.

Berbelanjalah sesuai kebutuhan. Gunakan “kaca mata kuda” dan hanya beli apa yang tertulis dalam catatan Anda untuk menghindari terjadinya over budget. Jika perlu, bawalah uang secukupnya saat berbelanja Agar Anda memiliki batasan dan tidak bisa berbuat banyak saat berbagai keinginan muncul.

Bagi Anda yang suka hangout, wisata kuliner, atau rekreasi bersama keluarga, Anda bisa menekan biaya tersebut tanpa mengurangi standar sosialisasi dan kesenangannya. Anda bisa memilih beberapa alternatif hiburan murah meriah seperti mengajak keluarga berjalan-jalan ke taman kota sambil berolahraga di akhir pekan, mengundang teman-teman ke rumah untuk nonton bareng pertandingan olahraga favorit, atau bisa juga mengadakan uji coba menu terbaru bersama keluarga atau komunitas kuliner di rumah.

 

Tips #3: Berhati-hati menggunakan kartu kredit
Kartu kredit merupakan salah satu pintu gerbang masuknya hutang dalam pos keuangan Anda. Oleh karena itu, bersikaplah bijak dalam menggunakan kartu kredit. Atau jika memungkinkan, hentikan penggunaannya, terlebih lagi jika Anda adalah orang yang tipe konsumtif.

Kartu kredit memiliki persentase bunga dan biaya denda yang besar. Jika Anda tidak cukup apik mengurus pembayarannya, maka tidak menutup kemungkinan Anda bisa terjerat dalam lingkaran hutang yang tidak berkesudahan.

 

Tips #4: Segera selesaikan jika Anda terlanjur memiliki hutang
Jika terlanjur memiliki hutang, apalagi jika hutang tersebut bunga berbunga seperti hutang kartu kredit, berupayalah untuk segera menyelesaikannya. Ada 2 rencana pembayaran yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan Anda, yaitu:

  • Melunasi secara keseluruhan. Cara terbaik untuk menghentikan hutang yang bunga-berbunga adalah segera melunasinya. Caranya bisa dengan menjual salah satu aset yang Anda miliki, menggunakan tabungan, atau mencari pinjaman tanpa bunga untuk nantinya diselesaikan secara mencicil lagi. Dengan demikian, setidaknya beban hutang dengan bunga tinggi bisa berkurang, begitu juga dengan beban pikiran Anda.
  • Lunasi dengan cara mengangsur. Jadikan pembayaran hutang sebagai prioritas dalam pengaturan keuangan Anda. Buatlah target pelunasan dan berusahalah untuk menepatinya. Korbankan beberapa kebutuhan pribadi yang tidak krusial untuk menutup hutang terlebih dahulu, yang terpenting dalam jangka waktu dekat keuangan Anda bisa kembali stabil dan Anda bisa bernapas lega.

Demikianlah empat tips dan trik mengatur keuangan agar bebas hutang. Semoga tips ini bisa membantu Anda menjadi lebih bijak dalam mengelola keuangan, serta membuat Anda terhindar atau terbebas dari hutang yang menyiksa. Semoga bermanfaat.