Tanpa Exit Strategy, Pasti Rugi!

NgaturDuit dan para partner expert investasi sering menyatakan bahwa kepercayaan investor meningkat saat pasar sedang uptrend (bullish) dalam jangka panjang. Oleh karena itu, wajar dong tingkat keyakinan investor ritel paling tinggi adalah pada saat pasar berada di puncaknya.

Masalah utama membeli saat pasar sedang uptrend atau bullish adalah tidak ada yang memberi tahu saat pasar sedang di titik tertinggi. Betul? Maka jangan heran jika sejarah mencatat berulang kali bahwa sebagian besar investor ritel mengalami kerugian karena membeli di akhir uptrend (titik tertinggi), memasukkan banyak dana seiring tingkat keyakinannya berkembang, lalu terpukul saat pasar sedang downtrend atau bearish!

Berikut adalah pola siklus investasi dan apa yang dilakukan investor:

  1. Pasar uptrend, Fundamental Investor (http://blog.ngaturduit.com/bagaimana-berinvestasi-saham/), yang membeli berdasarkan nilai wajar saham, mulai menjual karena menurut mereka, harga saham mulai mahal.
  2. Pasar di pertengahan uptrend, Technical Investor mulai masuk karena pasar sedang aktif dan menunjukkan tanda-tanda masuknya dana besar.
  3. Di puncak, investor ritel tanpa rencana masuk. Setelah mengamati pergerakan pasar sambil mengumpulkan keberanian, akhirnya masuk. Fundamental Investor sudah keluar semua.
  4. Pasar mulai downtrend. Technical Investor mulai melepaskan portfolio. Investor ritel tanpa rencana belum merasakan keuntungan, bertahan dengan portfolionya.
  5. Pasar di pertengahan downtrend. Fundamental Investor mulai melakukan selective buying. Investor ritel tanpa rencana mulai panik melihat portfolionya merah semua.
  6. Harga di bawah. Technical Investor sudah melepas semua portfolio, menunggu harga bergeliat kembali. Investor Fundamental bahagia mengumpulkan barang murah*. Investor ritel tanpa rencana depresi, berjanji akan melepas kalau naik sedikit.
  7. Pasar mulai uptrend. Investor ritel tanpa rencana melepas portfolio dalam posisi rugi, bersyukur bisa lolos dari harga terendah. Fundamental Investor dan Technical Investor melakukan selective buying.

2008, 2013, silahkan lihat pola aliran dana. Pola tersebut selalu berulang :)

Tanpa memiliki strategi kapan waktu masuk atau keluar, kemungkinan merugi menjadi semakin besar. 

Oh by the way, saat ini pasar modal kita sedang dibombardir berita dana masuk yang besar dan kepercayaan investor ritel sedang sangat tinggi. Kira-kira sedang ada di fase mana?

* Jika Anda ingin tahu bagaimana menentukan apakah suatu saham murah atau mahal, saya menyarankan buku dari Ryan Filbert berjudul “Hidden Profit from Stock Market, the secret of being happy when stock market is down”.

  • http://hipxdownloads.blogspot.com/ Nancy

    Realmente Increíble !!!
    Gracias por compartir este post. Este mensaje me hizo para visitar una vez más. Espero que u publicar esas cosas de nuevo. Forza Horizon 2 PC Game Free Download

  • http://journalgadgetnews.blogspot.com/ neilhoja

    saat ini pasar modal kita sedang dibombardir berita dana masuk yang
    besar dan kepercayaan investor ritel sedang sangat tinggi. Kira-kira
    sedang ada di fase mana?

    ada di fase kedua. Pasar di pertengahan uptrend, Technical
    Investor mulai masuk karena pasar sedang aktif dan menunjukkan
    tanda-tanda masuknya dana besar.

    • ngaturduit.com

      Kami juga setuju sedang ada di nomor 2 :)

      • http://journalgadgetnews.blogspot.com/ neilhoja

        nah, kata kuncinya di selective buying. hehe. tidak semua orang punya akses informasi ke sana. utamanya investor ritel. :D

      • ngaturduit.com

        Hmm… Kalau informasi tentang cara menganalisa, sebenarnya sudah ada dimana-mana. Tinggal kita yang mau cari. Dari yang gratis (search google, youtube) sampai yang murah seperti beli buku, hingga paling mahal workshop / mentoring.

        Kalau informasi yang dimaksud adalah insider trading, memang sulit didapatkan :)

  • Steven Khauw Chen Fei

    saya ada bisnis yang bagus untuk kalian para investor, saya bekerja di perusahaan pialang yang berada di gedung indofood lt.9 Jl.Jend Sudirman Jakarta Selatan .
    nama perusahaan kami adalah PT.Premier keunggulan kami adalah kami sangat transparant terhadap nasabah kami, tidak terikat kontrak atau dgn kata lain keuntungan + dana nya bisa ditarik kapan saja .
    bila bpk berminat bisa hubungi saya di 0857-7516-5652 terima kasih .

  • http://www.peluangproperti.com/ Leonard Prasetyo

    Bisnis yang sulit dimasuki, gampang keluar adalah bisnis yang baik
    Bisnis yang mudah dimasuki, tetapi keluarnya susah, jangan pedulikan.