Anda sudah menentukan Tujuan Keuangan, mengetahui Kondisi Keuangan, menentukan antara Kebutuhan dan Keinginan, serta selesai Membuat Anggaran. Langkah terakhir adalah menjalankan rencana tersebut secara disiplin.

Untuk mempermudah monitoring, manfaatkan fitur dari NgaturDuit.com, yaitu Anggaran dan Transaksi.  Masukkan kategori-kategori yang nilainya bisa berubah, seperti makan di resto, hiburan, dan sebagainya. Jika pada langkah ke-2 Anda telah melakukan pencatatan pengeluaran secara disiplin selama 1 bulan, seharusnya sekarang hal tersebut sudah menjadi kebiasaan. Dikombinasikan dengan fitur Anggaran, Anda menjadi lebih mudah mengendalikan pengeluaran sebab jika pengeluaran mendekati Anggaran, NgaturDuit.com akan mengirimkan notifikasi via email.

Setelah mulai menjalankan program yang telah dibuat, tentu kita harus melakukan review secara berkala. Tujuannya adalah untuk menganalisa apakah perhitungan kita sudah tepat, prakteknya sudah baik, dan melihat apakah produk investasi yang digunakan sudah tepat? Kesalahan dalam ketiga hal di atas dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan kita dalam mencapai tujuan keuangan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika misalnya ada Tujuan Keuangan yang nilainya sudah tercapai sebelum waktunya? Misal target 2 tahun tapi ternyata pasar modal naik tinggi dan nilai yang dibutuhkan tercapai dalam waktu 1,5 tahun. Menurut saya, sebaiknya dananya ditarik dan dipindahkan ke instrumen keuangan yang lebih kecil risikonya (misalnya deposito, RD pasar uang ). Jangan sampai Tujuan yang sudah tercapai di depan mata, hilang akibat terlalu serakah :)

Berikut adalah beberapa Tips manajemen keuangan yang mungkin bisa membantu Anda:

  • Buatlah pos Anggaran untuk pengeluaran tak terduga. Selanjutnya saat Anda harus memberikan angpao untuk perkawinan teman atau membeli kado ulang tahun, Anda tidak harus mengurangi pengeluaran lainnya yang telah dianggarkan sebelumnya.
  • Buatlah minimal 2 rekening tabungan, 1 untuk penghasilan dan lainnya untuk pengeluaran. Gunting kartu debit dari rekening yang digunakan untuk menerima penghasilan dari gaji atau bisnis. Manfaatkan fitur e-banking untuk memindahkan dana dari rekening penghasilan ke rekening pengeluaran sesuai dengan nilai yang telah dianggarkan. Dengan demikian, minimal Anda akan melihat sisa saldo saat berpikir untuk memindahkan dana. Bahaya kartu debit (dan kredit), bagi yang belum bisa disiplin secara ketat, adalah kita tidak melihat saldo saat akan menggunakan sehingga anggaran dengan mudah bisa jebol.

Demikian 5 langkah untuk Sukses Secara Finansial. Jika Anda memiliki kesulitan dalam menjalankan langkah-langkah di atas atau merasa butuh bantuan tambahan dari para expert, seperti Perencana Keuangan atau Ahli Investasi, atau hanya sekedar untuk berdiskusi, pintu kami selalu terbuka. Silahkan hubungi kami melalui:

Email: contact@ngaturduit.com
Twitter: @ngaturduit

Selamat menjalankan dan semoga Tujuan Keuangannya tercapai semua!

arrow leftSebelumnya  | | | | | | Kembali ke Awalarrow right