Setelah mengetahui kondisi keuangan dan pos-pos pengeluaran selama ini, kini saatnya kita mengoptimalkan pengeluaran agar dapat lebih cepat melunasi hutang konsumtif (jika ada), dan meningkatkan investasi supaya tujuan keuangan yang telah kita buat bisa tercapai. Caranya sangat sederhana, yaitu setiap jenis pengeluaran kita tentukan label sebagai Kebutuhan atau Keingingan.

Keluarkan catatan pengeluaran selama sebulan yang sudah dilakukan dan masukkan ke dalam kategori-kategori pengeluaran. Jika Anda menggunakan NgaturDuit.com untuk pencatatan, tinggal masuk ke menu Transaksi -> Pencarian -> Download data ke dalam bentuk Excel. Di sebelah tiap kategori / pengeluaran, tandai apakah ia merupakan Kebutuhan atau Keinginan.

Tips: Jika Anda tidak yakin apakah suatu pengeluaran merupakan Kebutuhan atau Keingingan, coba untuk tidak mengeluarkannya dalam suatu kurun waktu tertentu. Jika ternyata Anda merasa membutuhkan hal tersebut, maka bisa jadi itu adalah Kebutuhan.

justice scale

Beberapa jenis pengeluaran sudah jelas antara masuk kategori Kebutuhan atau Keinginan. Namun beberapa jenis lainnya berada di garis abu-abu, tergantung kepada kondisi Anda. Bahkan jika kita telaah, semua pengeluaran, termasuk yang dicap sebagai Kebutuhan, juga memiliki unsur Keinginan. Contohnya sepatu kerja. Sepatu kerja sudah jelas merupakan Kebutuhan. Namun dari sini kita memiliki keputusan apakah membeli merk Bata, atau Hush Puppies, LV, atau Bally. Apakah brand mewah sudah pasti karena Keingingan? Belum tentu! Bagi beberapa pekerjaan seperti pengacara, asset manager, mungkin brand mewah merupakan Kebutuhan!

Intermezzo: pada saat mengembangkan NgaturDuit.com, kami sempat berpikir untuk memasukkan kategori pengeluaran menjadi Kebutuhan atau Keinginan. Namun dikarenakan pemahaman bahwa penentuan antara Kebutuhan atau Keingingan berbeda untuk masing-masing orang, maka kami urungkan ide tersebut.

Setelah selesai ditandai, jumlahkan pengeluaran Keinginan. Itu adalah potensi uang yang dapat dihemat dalam satu bulan. Ingat bahwa semua pengeluaran memiliki unsur Keinginan. Pada titik mana Anda menentukan batasan antara Kebutuhan dan Keinginan akan menentukan apakah Anda bisa mencapai tujuan keuangan Anda atau tidak.

Jika sudah selesai, yuk kita menuju ke LANGKAH ke-4, yaitu Membuat Anggaran

arrow leftSebelumnya  | | | | | | Selanjutnyaarrow right