Strategi Untuk Mencapai Tujuan Keuangan

Tujuan Keuangan adalah tujuan yang ingin dicapai setiap orang yang ada analoginya dengan uang, kekayaan dan materi. Kalau ditanya apa tujuan keuangan kita, dan diperbolehkan untuk menulis apa saja. Maka hampir semua orang memiliki tujuan keuangan yang banyak sekali. Mulai dari dana pendidikan anak, dana pensiun, jalan-jalan, rumah, mobil dan banyak lagi.

 

Untuk mencapai tujuan keuangan, hanya satu jalan yang bisa kita lakukan, yaitu berinvestasi dengan menyisihkan setiap bulan dari penghasilan kita. Tapi, rasanya berat sekali menjalankannya. Belum sampai akhir bulan saja, dompet kita sudah kosong, gimana mau nabung ?

 

Coba kita lakukan tips dibawah ini, kalau tidak cocok dengan cara yang satu, mungkin bisa dicoba cara yang berikutnya.
Sisihkan alokasi menabung misalnya 10% dari penghasilan disaat kita menerima penghasilan. Pindahkan ke rekening tabungan yang lain.
Susah jalaninnya, udah dipindah ke rekening tabungan yang lain, eh deket akhir bulan diambil lagi.
Nah, pindahkan ke rekening tabungan yang kita sulit untukmengambilnya lagi, kalau perlu tidak ada ATM atau internet bankingnya.

 

Langsung dibelikan produk investasi
Membeli reksadana, emas atau produk investasi lainnya, adalah salah satu cara menyelamatkan uang kita segera. Kita akan lebih enggan untuk mencairkan uang apabila sudah masuk dalam bentuk investasi.
Repot, ga sempet ngurusnya
Coba buat otomatis debet yang langsung menarik uang kita dari tabungan segera setelah kita menerima gaji. Langsung di debet dan langsung dibelikan reksa dana adalah cara yang praktis. Memang pada awalnya sedikit repot, karena kita harus melewati beberapa prosedur pentransferan dan otomatis pembelian produk investasi. Tapi, bulan bulan berikutnya akan otomatis berjalan

 

Mengambil kredit
Menabung dan investasi reguler juga tidak berhasil ? jangan khawatir, masih ada cara lain.
Ambil KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau KPA (apartemen). Membeli properti adalah investasi, nilainya selalu naik dan barangnya ada. Kalau kita tidak membayar cicilannya, pasti orang Bank akan dengan segera menghubungi kita dan memaksa kita untuk membayar cicilannya. Akhirnya, kita mau ga mau akan mengalokasikan setiap bulannya untuk membayar cicilannya. Menyenangkan bukan, dipaksa untuk berinvestasi, he he

 

Kalau cara yang ke 3 ternyata belum berhasil juga ?
maka inilah waktunya untuk menghubungi financial planner

 

Tejasari CFP®
Tatadana Consulting
Grha Toedjoeh Empat Lt. 3
Jl. Wolter Monginsidi No. 15
Telp/Fax. (021) 7235949
Twitter: @tatadanaconsult
Email: tanya@tatadana.com