Tips Cara Menggunakan Simulasi KPR Secara Online

simulasi KPR - NgaturDuit.com

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah cara untuk membeli rumah atau suatu kebutuhan yang bersifat konsumtif dengan cara menyicil ke bank yang memiliki program tersebut. Jadi, dengan adanya KPR, masyarakat yang masih berpenghasilan rendah pun dapat memiliki rumah, hanya dengan menyediakan uang mukanya terlebih dahulu, minimal 15%, dan dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan untuk pengajuan KPR. Bahkan sekarang pemerintah memudahkan masyarakat yang berpenghasilan rendah yakni di bawah Rp4juta untuk membayar uang muka rumah subsidi hanya dengan 1% saja dari total rumah.

Namun, sebelum mengambil rumah dengan cara KPR, Anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan mengenai besarnya plafon kredit, sistem suku bunga yang digunakan, masa pinjaman KPR, biaya penalti pelunasan KPR, dan biaya lainnya. Jangan sampai, ditengah jangka waktu menyicil rumah, Anda sudah tidak mampu membayar cicilan rumah.

Oleh karena itu, untuk mengetahui gambaran prosedur pembayaran KPR secara menyeluruh, dan mengetahui penawaran KPR dari bank-bank lain, Anda dapat menggunakan simulasi KPR secara online yang disediakan oleh bank-bank penyedia KPR atau oleh suatu perusahaan layanan keuangan online.

Berikut ini beberapa situs penyedia layanan online penyedia KPR, di antaranya:

  • Perusahaan keuangan (startup fintech atau layanan online properti): Aturduit.com, Cekaja.com, Urbanindo.com, Lamudi.co.id, Rumah123.com.
  • Bank penyedia KPR: Btnproperti.co.id, Panin.co.id, Bni.co.id, Hsbc.co.id.

Untuk mencoba menggunakan simulasi (kalkulator) KPR, Anda cukup membuka situs penyedia dan menuju halaman khusus simulasi KPR.

Di bawah ini adalah contoh simulasi KPR menggunakan Btnproperti.co.id. Melalui kalkulator KPR BTN, Anda dapat mencoba perbandingan antara KPR konvensional dan syariah. Beberapa perbedaannya antara lain akad jual beli yang ditawarkan oleh syariah lebih beragam dibandingkan konvensional, jumlah angsuran bulanan menggunakan syariah tetap tidak seperti konvensional yang hanya hitungan tahun, dan konvensional menetapkan biaya pinalti jika akan melunasi KPR sedangkan syariah tidak menerapkannya.

Simulasi Pengajuan KPR

Cara Menggunakan Simulasi KPR dengan BTNproperti

  •  Pertama, untuk menggunakan simulasi KPR. Pilihlah terlebih dulu sistem KPR mana yang akan digunakan.
  • Selanjutnya tentukan jenis suku bunga yaitu flat atau anuitas. Suku bunga flat mengacu pada pokok utang awal. Sehingga porsi dan pokok dalam angsuran bulanan akan tetap sama. Sedangkan suku bunga anuitas mengacu dari saldo akhir setiap bulan dan semakin lama pembayaran pokok pinjaman semakin besar. Namun, agar lebih fair dan memastikan pembayaran sesuai dengan kondisi pasar. Maka Anda dapat memilih perhitungan berdasarkan suku bunga anuitas sebagai acuan.
  •  Pilih jenis rumah yang akan dibeli subsidi atau non-subsidi. Kemudian masukkan harga beli properti. Contohnya: Harga beli properti dengan jenis rumah non-subsidi adalah Rp500 juta.
  •  Tentukan uang muka yang Anda sanggupi, misalkan 15%. Setelah Anda memasukkan uang muka dalam persen, kalkulator KPR langsung memunculkan nominal uang muka yang harus dibayar.
  •  Untuk suku bunga per tahun, Bank BTN menerapkan 8,75% dengan masa kredit fix 1 (satu) tahun.
  • Pilih lama pinjaman bedasarkan kesanggupan finansial Anda. Tenor pinjaman KPR dapat dipilih hingga 25 tahun. Misalkan pada simulasi KPR, lama pinjaman untuk harga properti Rp500juta adalah 15 tahun.
  • Pastikan bahwa Anda telah mengisi semua yang diperlukan pada simulasi KPR. Lalu, klik hitung. Beberapa detik kemudian, Anda dapat melihat dengan rinci, seperti: angsuran per bulan, dan pembayaran pertama yang tak hanya uang muka saja tapi sudah termasuk biaya administrasi bank dan notaris.

 

Setelah menggunakan simulasi (kalkulator KPR) Anda dapat memiliki pegangan atau gambaran biaya angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Hitungan simulasi KPR ini bersifat umum dan dapat berubah-ubah berdasarkan suku bunga, plafon, jenis KPR yang dipilih, dan bank penyedia KPR. Oleh karena itu, sebelum memilih KPR, hitung dan bandingkanlah penyedia KPR yang satu dan lainnya.

Perlu diingat pula bahwa simulasi atau kalkulator KPR, sesuai namanya, bersifat simulasi alias tidak nyata, dipergunakan hanya untuk memberikan gambaran agar Anda bisa mengatur keuangan dan mempersiapkan diri jika ingin membeli rumah. Anda bisa mendatangi langsung pihak bank untuk informasi lebih rinci.

Kalkulator KPR ini juga bisa menjadi alat yang cukup baik bagi pengaturan keuangan Anda, sehingga Anda bisa memiliki gambaran dan menyusun rencana keuangan jika ingin memiliki rumah dengan cara kredit atau mencicil.