Sikap Bijak Mengelola Uang Untuk Anak

Para orangtua pasti sering menghadapi anak yang ngambek dan tidak mau tahu jika keinginannya untuk membeli sebuah barang tidak dikabulkan. Atau anak yang tidak mengerti nilai suatu barang dan perjuangan untuk memperolehnya, si kecil hanya mengetahui bahwa kita selalu memiliki uang untuk dapat memenuhi semua keinginannya.
Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus dapat memberikan pemahaman kepada anak, antara lain:
Memperoleh uang.

Mulai dari hal-hal sederhana, anak harus mulai diberikan pengertian bahwa uang itu tidak turun begitu saja dari langit, tetapi diperlukan usaha untuk memperolehnya, sehingga dalam penggunaannya pun ada batasan dan anggarannya. Mendidik anak untuk mengetahui bagaimana memperoleh uang bisa dimulai dengan hal-hal yang simple dirumah. Anda bisa mengenalkan konsep bekerja atau berbisnis untuk mendapatkan uang. Bekerja dalam arti sederhana misalnya membantu ibu membereskan rumah atau membantu hal-hal kecil, kemudian mendapatkan gaji dari pekerjaannya. Pendidikan wirausaha juga bisa mulai ditanamkan sejak dini, hal ini bisa dilakukan sesuai dengan bakat dan minat anak, sehingga dalam melakukannya anak tidak merasa berat tetapi bisa melakukannya dengan happy.

Menggunakan uang dengan bijaksana.
Setelah anak mengetahui bahwa perlu proses dalam memperoleh uang, selanjutnya bisa diajarkan penggunaan uang tersebut secara bijaksana. Bagaimana membelanjakan uang tersebut, kemudian bagaimana anak bisa termotivasi untuk mencapai tujuannya dengan menabung. Tahapan pendidikan menabung bisa dimulai dari rumah, dengan menggunakan celengan. Lalu selanjutnya anak bisa mulai dibawa ke bank untuk diperkenalkan dengan lembaga keuangan dan fungsinya, ajak anak ketika anda menyetorkan uang tidak hanya ketika anda menarik uang melalui atm. Dengan memiliki tabungan sendiri, akan menambah kebanggan anak. Demikian juga dengan charity, ajarkan anak untuk memiliki kepekaan dan kebahagian ketika dia bisa berbagi apa yang dimilikinya kepada orang lain.
Dalam proses pengenalan uang ini, diharapkan agar kita tidak selalu menuruti semua tuntutan anak-anak, tetaplah berikan pengertian dan bimbingan kepada anak mengenai prioritas, yaitu sesuatu yang lebih penting untuk didahulukan.

Live a beautiful Life !

Liza Herlina (Associate Planner)
ZAP Finance
Gedung Menara Prima lantai 26D
Jl. Lingkar Mega Kuningan
Jakarta 12950
Telp. (021) 5794-8059
(021) 5794-8058
Fax. (021) 5794-8057
https://twitter.com/zapfinance
http://zapfinance.co.id/

  • http://cariuanglewatinternet.com/ Cariuanglewatinternet.com

    meskipun belum menikah, tapi informasi ini sangat penting untuk saya :)
    terimakasih untuk artikel nya, semoga kita semua dapat dengan bijak memberikan pendidikan pendidikan sederhana ke pada anak dalam hal keuangan.

    • ngaturduit.com

      Sama-sama, semoga bermanfaat :)