Seri Investasi : Non Farm Payroll/NFP (Tambahan)

?????????

Kalau yang enam data sebelumnya di Blog NgaturDuit.com, bisa dikatakan data-data fundamental yang dikeluarkan oleh semua negara. Maka, data yang ke tujuh ini, hanya dikeluarkan oleh Amerika Serikat, setidaknya yang langsung memiliki dampak pada mata-uang negara-negara lain. Mungkin ada negara-negara maju lain yang mengeluarkan data yang sama atau mirip, tapi hanya berdampak pada negaranya sendiri.

Data fundamental yang ke tujuh ini adalah Non Farm Payroll (NFP). Non Farm Payroll atau lengkapnya, Non Farm Payroll employment, adalah kompilasi nama pekerjaan untuk barang-barang, konstruksi, dan manufaktur di Amerika Serikat. Ini tidak termasuk pekerja pertanian, pekerja rumahan, atau pekerja organisasi nir laba.

Data NFP merupakan statistik yang berpengaruh dan menjadi indikator ekonomi yang diterbitkan secara bulanan oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat sebagai bagian dari laporan komprehensif dari pasar tenaga kerja di negara tersebut.

Aset-aset keuangan yang langsung terpengaruh dengan data ini adalah US Dollar, ekuitas, dan emas. Pasar cenderung bereaksi sangat cepat dan biasanya sangat volatil sekitar waktu data tersebut akan dikeluarkan. Pergerakan pasar secara short-term mengindikasikan ada korelasi yang sangat kuat antara data NFP dengan penguatan US Dollar.

Data ini muncul tiap hari Jumat pertama di tiap bulannya. NFP termasuk dalam Situasi Pekerjaan (Employment Situation) atau sering disebut juga laporan pekerjaan (jobs report) dan berpengaruh pada US Dollar, pasar valas, pasar surat hutang, dan pasar saham.

Jumlah yang dikeluarkan, perubahannya dalam NFP, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, biasanya antara di atas 10.000 dan di atas 250.000 selama tidak mengalami resesi.

Karena data pendahuluan sering dikeluarkan pada minggu ke-tiga di bulan berjalan, maka pasar seolah-olah sudah mendapat bocoran tentang tingkat NFP yang akan keluar di awal bulan berikut. Ini yang membuat, pergerakan US Dollar dan valas lainnya akan bergerak liar pada saat data tersebut keluar. Walaupun data ini sering bergerak liar, tapi data ini termasuk data favorit yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku pasar. Malah, di pasar valas khususnya, banyak yang menjadi spesialis penunggu data ini, artinya, mereka hanya akan bertransaksi dari mulai menjelang hingga setelah data ini dikeluarkan. Dan tidak jarang dari mereka yang memperoleh keuntungan dari data ini, tapi tidak sedikit pula yang mengalami kerugian.

Sedangkan, kaitannya dengan Rupiah, secara alur logika begini, NFP menguat maka US Dollar menguat, maka otomatis Rupiah akan melemah.

Data NFP berkaitan dengan data pengangguran walaupun dua data ini berbeda. Tapi, data NFP secara tidak langsung juga mencerminkan berapa banyak pekerja yang terserap oleh perusahaan. Sedangkan data pengangguran merupakan data total pengangguran termasuk pekerja di pertanian, pekerja rumahan, dan pekerja nir-laba.

Jika ada yang menjadi spesialis penunggu data NFP, bisa di share ke sini…