Serba Serbi KPR

KPR atau kepanjangannya Kredit Pemilikan Rumah adalah hutang yang diberikan oleh Bank pada masyarakat untuk digunakan membeli rumah.

Tentu saja, saat memberi hutang, tidak diberikan begitu saja. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk bisa memanfaatkan KPR dari Bank. 1. Down Payment

Bank tidak akan memberikan pinjaman sebesar harga rumah. Kita harus menyediakan uang muka (Down Payment) sebesar yang telah ditentukan oleh Pemerintah. Untuk rumah dengan luas diatas 70 m2, uang muka yang harus kita siapkan adalah minimal sebesar 30% dari harga rumah. Inipun untuk KPR rumah pertama saja. Kalau rumah ke 2 dan seterusnya batasan minimalnya lebih besar. Sementara untuk rumah dengan luas dibawah 70 m2, kita bisa menyiapkan uang muka lebih kecil dari 30%.

Untuk mendapatkan cicilan bulanan yang lebih kecil maka kita bisa meningkatkan uang muka. Semakin besar uang mukanya, maka cicilan bulanannya akan lebih kecil.

2. Kemampuan Membayar

Bank akan melihat apakah kita memiliki kemampuan untuk membayar cicilan KPR setiap bulannya. Umumnya bank akan melihat penghasilan kita serta data hutang yang telah kita miliki. Kalau kondisi keuangan kita baik, tentunya KPR akan mudah kita dapatkan. Akan tetapi kalau track record kita kurang baik, bisa jadi kita tidak bisa mendapatkan KPR tersebut.

3. Periode pinjaman

Saat ini Bank memberikan waktu pinjaman yang lebih panjang, tidak hanya 10 tahun, tapi bisa mencapai 15 atau 20 tahun bahkan lebih. Semakin panjang periode hutangnya, cicilannya tentu akan lebih kecil. Akan tetapi, semakin panjang periodenya, maka jumlah uang yang kita bayarkan juga akan semakin besar. Periode yang cukup baik adalah 10 tahun. Kalau kita sudah mengambil periode yang panjang, tanyakan pada pihak Bank apakah kita bisa melunasi sebagian pokoknya, supaya periode hutang KPR kita bisa lebih memendek.

4. Asuransi jiwa dan asuransi kebakaran

Umumnya Bank akan secara otomatis melengkapi KPR kita dengan asuransi jiwa dan asuransi kebakaran. Kalau belum, sebaiknya kita tambahkan sendiri. Perhatikan asuransi jiwa haruslah diberikan pada kepala keluarga yang membayar cicilan bulanan KPR nya.

Kalau kita belum memiliki rumah sama sekali saat ini, upayakan untuk bisa mengambil KPR. Harga rumah yang terus meningkat, akan membuat kita berlari-lari mengejar harganya yang semakin mahal. Hutang KPR adalah hutang baik, mulailah dari sekarang.

 

Tejasari CFP®