Sampai Tujuan dengan Kecepatan yang Tepat

Banyak sekali yang masih bertanya kemana saya harus berinvestasi dan mengapa. Memang jawabannya sebenarnya ada banyak mulai dari deposito, emas, bahkan lukisan pun bisa anda lakukan. Yang menjadi masalah pastikan semua yang Anda lakukan terjangkau dan dapat Anda pahami.

 

Mengapa banyak yang merekomendasikan reksadana untuk kendaraan investasi? Setidaknya saat ini reksadana harus diakui sebagai kendaraan yang terjangkau semua golongan dengan hasil yang bisa tinggi dan juga rendah imbalnya. Berdasarkan jenisnya reksadana terbagi menjadi 4 :

 

1 . RD Saham
2.  RD Pendapatan Tetap
3.  RD Campuran
4.  RD Pasar uang

 

Berdasarkan tingkat risikonya, maka dibawah ini adalah urut-urutan, reksa dana tersebut dari yang paling berisiko sampai yang risikonya paling rendah. Namun demikian perlu diketahui bahwa semakin besar risikonya, biasanya potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan juga akan semakin besar.

 

Bila diibaratkan tujuan investasi sama seperti tujuan dari Anda mau pergi ke suatu tempat. Tujuan investasi jangka pendek seperti tujuan perjalanan dekat tapi memiliki tanjakan yang curam kemiringannya. Sedangkan investasi jangka panjang seperti tujuan perjalanan jauh tapi jalannya lurus dan datar.

 

Gunakan kecepatan rendah pada saat jalan tanjakan dan kecepatan tinggi pada jalan datar NAMUN tetap hati-hati dengan tetap melihat jalan dan memastikan kendaraan dalam kondisi baik.

 
 

Ryan Filbert Wijaya, S.sn, ME.
Investment advisor, praktisi investasi dan inspirator investasi
@ryanfilbert
www.ryanfilbert.com
www.facebook.com/ryanfilbertdotcom