Saham Sebagai Pondasi Investasi

Saham sebagai Pondasi - NgaturDuitSaham Sebagai Pondasi Investasi

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berinvestasi. Mulai dari membuka tabungan deposito, membeli emas, membuat usaha kelontong, hingga membeli surat berharga seperti saham dan obligasi.
Pada dasarnya semua jenis investasi memiliki potensi keuntungan dan risiko masing-masing. Semakin kecil risiko yang ditanggung, biasanya keuntungan yang diperoleh pun semakin kecil, seperti misalnya investasi pada deposito atau emas.
Salah satu media investasi yang menawarkan keuntungan dalam jumlah besar dan waktu yang relatif singkat adalah saham. Jika Anda adalah seorang risk taker dan memiliki kemampuan analisis mendalam, maka saham adalah alternatif investasi yang cocok bagi Anda

Pengertian Saham
Secara sederhana, saham bisa dikatakan sebagai surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah badan/perusahaan sebagai bentuk bagian kepemilikan atas perusahaan tersebut. Jika Anda membeli saham, maka Anda termasuk pemilik perusahaan yang memiliki hak atas keuntungan dan peningkatan harga sahamnya dari waktu ke waktu.

Manfaat dan Risiko Investasi dalam Bentuk Saham
Saham adalah jenis investasi yang “high risk – high gain”, artinya saham memiliki potensi keuntungan yang besar, namun secara bersamaan ada risiko yang berjalan mengiringi. Berikut adalah manfaat dan risiko yang mungkin terjadi dalam investasi saham.

Manfaat
 1. Dividen
Dividen merupakan keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham yang besarannya ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

2. Capital gain
Capital gain merupakan keuntungan dari transaksi jual beli saham. Misalnya harga saham yang Anda beli adalah Rp10.000,00 per lembar. Saham tersebut kemudian dijual dengan harga Rp12.500,00 per lembar, maka selisih Rp2.500,00 tersebut adalah capital gain untuk Anda.

Risiko
1. Capital loss
Capital loss merupakan kebalikan dari capital gain, yaitu kondisi ketika harga saham yang Anda beli nilainya mengalami penurunan. Dalam kondisi yang semakin menurun, biasanya pemegang saham akan menyelamatkan uangnya sebisa mungkin, misalnya dengan melepas sahamnya dengan harga murah.

2. Risiko Likuidasi
Risiko lain yang mungkin muncul adalah terjadinya kebangkrutan pada perusahaan yang sahamnya Anda beli. Pada kondisi tersebut, seluruh aset perusahaan akan dipakai untuk melunasi segala kewajiban perusahaan. Jika bersisa, bisa jadi uang Anda akan dikembalikan, namun jika tidak ada sisa berarti Anda ikut menanggung risiko kerugian tersebut.

Menjadikan Saham Sebagai Pondasi Investasi Jangka Panjang
Saham merupakan salah satu media investasi jangka panjang yang layak untuk dipertimbangkan, khususnya bagi Anda yang berusia produktif dan ingin memiliki pondasi keuangan yang kokoh di masa depan.

Saham memang memiliki sifat yang volatile, fluktuatif dan bergejolak, namun demikian potensi keuntungan jangka panjangnya lebih besar dibandingkan tingkat penurunannya. Dasar pemikirannya adalah bahwa setiap perusahaan pasti akan berupaya semaksimal mungkin untuk mempertahankan, atau bahkan meningkatkan keuntungannya. Mereka tentunya berusaha agar perusahaannya tetap berdiri dan terhindar dari kerugian.

Kunci sukses investasi saham terletak pada pemahaman tentang seluk beluk saham, seperti laporan keuangan, strategi jual beli, serta kondisi perusahaan secara global. Untuk itu pastikan Anda memilih perusahaan pialang yang tepat. Jika perusahan yang Anda tanamkan modalnya berjalan dengan sehat, maka laba yang akan Anda dapatkan juga terus mengalir.

Tips sederhana bagi Anda yang ingin memperoleh pendapatan tetap, sebaiknya investasikan uang Anda di perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, seperti misalnya Unilever, Indofood, atau Gudang garam. Jenis-jenis perusahaan tersebut cocok bagi low-risk investor dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan baru. Namun demikian biasanya saham perusahaan-perusahaan besar harganya lebih tinggi, berbanding lurus dengan tingkat keamanan yang dijanjikan.

Selagi usia masih muda dan produktif, jangan takut untuk menginvestasikan uang Anda. Dengan pemahaman dan perhitungan yang matang, segala risiko bisa diminimalisasi atau bahkan dihindari. Selamat berinvestasi.