Asuransi Jiwa Tambahan – Rider

rider asuransi jiwa

Sekarang kita akan membahas mengenai asuransi tambahan dari asuransi jiwa, yang biasa dikenal dengan istilah Rider. Sebelum meneruskan tulisan ini, pastikan Anda sudah paham mengenai jenis-jenis asuransi jiwa serta kelebihan dan kekurangannya. Jika belum, kami sebelumnya telah paparkan dalam 3 bagian; part 1, part 2, part 3.

Asuransi tambahan hanya dapat dibeli jika seseorang sudah memiliki asuransi jiwa. Ada banyak sekali asuransi tambahan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, namun berikut kami tuliskan beberapa yang populer:

A. Asuransi Kesehatan
Asuransi yang memberikan perlindungan berupa penggantian uang jika pemegang polis dirawat rumah sakit. Seiring dengan perkembangannya, asuransi kesehatan kini sudah bisa dibeli tersendiri. Namun jika memiliki asuransi jiwa, besaran premi untuk asuransi kesehatan bisa mendapatkan potongan sampai 30% dibandingkan membeli askes terpisah. Asuransi kesehatan akan kami bahas lebih lanjut di artikel terpisah karena banyak detil yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi kesehatan.

B. Asuransi Penyakit Kritis / Critical Illness
Yang dianggap sebagai penyakit kritis bisa saja tidak sama untuk semua perusahaan asuransi. Oleh karena itu, kita harus jeli dalam membaca polis, apa saja penyakit yang dicover dalam rider penyakit kritis. Rider jenis ini pun ada dua kategori, yaitu:

  1. Crisis Cover yaitu asuransi yang memberikan perlindungan berupa santunan kepada para pemegang polisnya sejumlah uang jika tertanggung mengalami penyakit-penyakit tertentu dalam kondisi kritis (parah/stadium akhir). Ingat bahwa penyakit-penyakit yang dianggap kritis oleh perusahaan asuransi bisa berbeda.
  2. Early Stage Crisis Cover, yaitu jenis asuransi tambahan penyakit kritis berupa berupa santunan kepada para pemegang polisnya jika tertanggung mengalami penyakit kritis di tahap awal-menengah (stadium 1-3). Definisi dalam keadaan kritis dan stadium awal-menengah yang ditanggung perusahaan asuransi juga berbeda-beda. Perlu sekali memperhatikan polis asuransi tentang asuransi ini.

Manfaat dari asuransi tambahan penyakit kritis dan early stage adalah ini membantu biaya pengobatan seandainya menderita penyakit kritis. Dalam membeli asuransi ini perlu memperhatikan apakah di keluarga memiliki riwayat penyakit yang terdaftar daftar perusahaan asuransi. Jika iya, meskipun mahal, ada baiknya untuk mempertimbangkan memiliki asuransi ini. Seiring dengan perkembangan industri asuransi, sudah ada perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi penyakit kritis secara terpisah.

C. Pembebasan Pembayaran Premi
Ada asuransi tambahan dari asuransi jiwa yang membebaskan dari pembayaran premi dalam kondisi tertentu seperti meninggal dunia, menderita penyakit kritis dan menderita cacat tetap. Ada dua jenis pembebesan premi:

  1. Payor Protection. Pembebasan dari pembayaran premi jika Pemegang Polis meninggal dunia.
  2. Payor Benefit. Pembebasan dari pembayaran premi jika Pemegang Polis menderita penyakit kritis atau mengalami Cacat Tetap Total.

Demikian penjelasan mengenai beberapa asuransi tambahan (rider) dari asuransi jiwa yang sering ditawarkan.

Apakah semakin jelas atau malah tambah bingung dalam menentukan kombinasi asuransi jiwa terbaik bagi Anda? Silahkan konsultasikan dengan kami secara GRATIS di Insurance Call Center.

User Rating: 5.0 (1 votes)
Sending