Return on Equity (ROE)

Pertama kali saya berusaha memahami laporan keuangan perusahaan, tujuannya adalah untuk mendapatkan 1 buah data yang kabarnya bahwa sebuah saham memiliki nilai wajar bila divaluasi dari Data Keuangannya.

 

Pemahaman mudah nya adalah bila harga wajar nya tinggi dimana harga saat ini berada di bawahnya maka diyakini bahwa harga akan beranjak menuju harga wajarnya. Demikian sebaliknya, bila harga tinggi namun nilai wajar nya tidak sebegitu besar atau dibawah nya, maka bisa saja saham tersebut turun menuju nilai wajar nya.

 

Pertanyaan yang perlu dijawab adalah “bagaimana menilai harga wajar saham?”

 

Rupanya dari pembelajaran saya selama ini, ada banyak cara menilai harga wajar sebuah saham. Ada yang bisa memberikan angka harga nya secara langsung ada yang tidak bisa memberikan angka, hanya pernyataan kemahalan dan kemurahan saja.

 

Contohnya, ada sebuah rasio keuangan yg dikenal dengan ROE. Atau dikenal dengan Return on Equity dimana dari bahasa inggrisnya diterjemahkan menjadi pengembalian/keuntungan terhadap modal. Tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Semakin besar persentase keuntungan terhadap modal yang mampu dicapai oleh perusahaan, maka semakin untung perusahaan tersebut.

 

Berapa ROE ideal agar perusahaan dianggap menarik untuk Investor saham nya? Apakah bisa langsung “tembak” 10%? Ternyata untuk menentukan besar atau kecil, harus ada pembandingnya terlebih dahulu. Berinvestasi di saham memiliki resiko lebih besar daripada deposito di bank bukan? Bila besaran return deposito adalah 7% dan Anda berinvestasi dengan membeli saham sebuah perusahaan dengan ROE 10%, apakah itu besar? Tentunya tidak dan bisa dianggap tidak sebanding dengan risikonya. Oleh karena itu, banyak kalangan berpendapat nilai ROE 2x dari deposito baru lah menarik untuk membeli saham suatu perusahaan.

 

Rumusan mencari ROE sebenarnya mudah, yaitu Net Income dibagi Total Equity x 100%.

 

Di aplikasi IDX Watch, ROE telah dihitung secara otomatis dari laporan keuangan selama 5 tahun ke belakang untuk setiap saham. Selain itu, Anda juga dapat membandingkan ROE perusahaan dengan rata-rata ROE di sektornya.

 

Misal ada 2 saham dan keduanya memiliki ROE diatas bunga deposito maka keduanya menarik, namun bila hanya salah satu yang mampu mengungguli ROE rata-rata sektornya, maka dapat diartikan perusahaan tersebut memiliki kinerja di atas rata-rata dan akan semakin menarik untuk dibeli saham nya.

 

IDX Watch sangat mudah digunakan karena memiliki banyak fitur lain yang akan dibahas pada artikel lainnya. Khusus untuk bulan Oktober, semua yang menginstall IDX Watch akan mendapatkan bonus membership GRATIS 1 bulanDownload IDX Watch secara GRATIS di Google Playstore sekarang!
IDX  Watch