Resolusi Keuangan

Layaknya pergantian tahun, semua orang memiliki harapan di tahun yang baru dengan merumuskan berbagai resolusi, termasuk di dalamnya resolusi keuangan. Sebagaimana resolusi yang menyentuh aspek kehidupan lainnya, kita pasti menginginkan kondisi keuangan kita akan berubah ke arah yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Tapi, cukupkah hanya dengan berharap?

 

Tidak terlalu rumit, ada yang berharap kondisi keuangan keluarganya dapat lebih stabil. Mungkin saja, sepanjang tahun 2013 ia mengalami beberapa kondisi dimana ia harus mengeluarkan sejumlah uang yang tidak terduga sehingga mengakibatkan kondisi keuangannya terganggu. Belajar dari pengalaman, maka ada baiknya kita mulai mempersiapkan dana darurat untuk tahun 2014. Dengan dana darurat ini, tentunya kejadian atau peristiwa tidak terduga, dapat diminimalisir efeknya oleh dana darurat.

 

Ada juga yang berharap, keluarganya dapat lebih terlindungi secara keuangan. Mungkin saja, selama tahun 2013 ada yang harus memasukkan anggota keluarganya ke rumah sakit untuk dirawat. Dengan segala kebutuhan seperti biaya kamar rumah sakit, biaya dokter, biaya obat, dan biaya lain-lain, membuat pengeluaran menjadi bengkak dan mengganggu kondisi keuangan. Melihat dari pengalaman, maka ada baiknya kita mulai mempersiapkan perlindungan seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Setidaknya, memiliki berbagai proteksi ini, dapat membuat hati anda lebih tenang.

 

Atau ada juga yang resolusi 2014 berupa bebas dari hutang. Pasti ada. Dengan hutang yang bertumpuk, tentu rasanya akan sangat lega jika kita bisa mengelola keuangan kita tanpa terbebani oleh hutang. Ruang gerak akan terasa lebih leluasa. Kita hanya perlu memilah mana hutang konsumtif, yang perlu kita lunasi terlebih dahulu, dengan hutang produktif, yang masih bisa kita kelola sedemikian rupa.

 

Apapun resolusi anda, yang paling penting adalah eksekusi. Karena berharap saja tidak akan membawa keuangan anda ke mana-mana.

 

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com