Resolusi Keuangan

Setelah liburan akhir tahun, bergembira dengan awal tahun yang penuh dengan semangat, sudahkah anda membuat rencana apa yang ingin dicapai tahun ini ?

Kalau belum, sekarang adalah waktu yang tepat untuk membuatnya.  Membuat resolusi tahun 2015.  Jangan lupa juga untuk membuat resolusi keuangan, karena resolusi ini wajib untuk menjadi  salah satu tujuan yang perlu kita capai tahun ini.

Apa saja resolusi keuangan yang ingin kita capai ? ingin memiliki penghasilan jauh lebih tinggi di tahun ini, ingin memulai bisnis bersama teman, ingin membeli mobil…..boleh boleh saja. Tapi, ada beberapa hal yang kita perlu ingat dan perlu diprioritaskan tahun ini. Apa saja?

1. Melunasi hutang kartu kredit yang menggulung

Inilah target yang harus jadi prioritas utama kita tahun ini, kalau kita punya hutang kartu kredit yang masih saja belum selesai dari tahun lalu. Hutang kartu kredit yang menggulung, seperti beban yang terus menggondol dibelakang kita. Paksa diri kita untuk mulai menghabiskan hutang itu, beberapa cara ini mungkin bisa digunakan :

  • Jangan ragu untuk menguras tabungan untuk menyelesaikan hutang ini. Kalau hutang kartu kredit ini lunas, baru mulai isi lagi tabungan kita.
  • Tidak punya uang di tabungan ? ayo kita jual barang barang kita yang hanya mengendap di lemari dan tidak kita gunakan.
  • Kencangkan ikat pinggang, bayar cicilan bulanan dengan jumlah lebih besar. Kalau perlu buat rencana penyelesaian hanya dalam 6 bulan.

2. Meningkatkan dana darurat

Dana darurat adalah penyelamat keuangan saat kondisi darurat terjadi. Wajib bagi kita semua untuk memiliki dana darurat. Tahun ini, ayo kita niatkan untuk menambah dana darurat kita setidak tidaknya menjadi 3x biaya hidup bulanan. Sisihkan setiap bulan secara rutin alokasi untuk dana darurat, bisa di tabungan, dalam bentuk emas atau dalam bentuk investasi yang aman lainnya.

3. Mulai Investasi

Belum berinvestasi ? nah, inilah langkah yang wajib untuk dimulai tahun ini. Prinsipnya, semakin cepat kita mulai berinvestasi, maka akan semakin beruntung lah kita. Takut untuk mulai berinvestasi karena tidak mengerti ? jangan ragu untuk banyak bertanya pada forum forum keuangan yang banyak tersedia saat ini. Atau datanglah pada seorang Financial Planner untuk mendiskusikan investasi apa yang tepat buat kita.

Selamat tahun baru

 

Tejasari CFP®

http://new.tatadana.com/