Reksadana, Menguntungkan Ga Ya ?

 

Produk Reksa dana adalah produk investasi yang semakin lama semakin digemari di Indonesia. Selain pembeliannya yang mudah, minimal pembeliannya yang relatif murah, serta jenisnya yang beragam, produk ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan tujuan keuangan kita.

Apakah produk ini menguntungkan ?

 

Ya, tentu saja.

Tapi, menguntungkan atau tidak tentu saja harus dilihat sesuai dengan pandangan kita akan arti investasi. Produk investasi adalah produk yang tidak bisa memberikan hasil yang pasti. Begitu juga dengan reksa dana, tidak ada hasil yang pasti yang bisa dijanjikan. Tidak ada kepastian nilainya tidak turun, tidak ada kepastian nilainya akan selalu naik. Tapi, tentu saja reksa dana memberikan kepastian akan keamanan dalam berinvestasi. Aman disini, artinya investasi kita akan ditempatkan secara aman pada produk investasi yang tercatat dengan baik di bursa pasar modal Indonesia. Laporan nya jelas, hasilnya pun jelas bisa dilihat kapan saja kita mau.

 

Lalu bagaimana kita bisa tahu produk ini menguntungkan atau tidak ?

Historical return, atau kinerja masa lampau adalah bukti nyata dari keuntungan atau kerugian dalam berinvestasi di reksa dana. Kalau kinerja nya menunjukkan rata-rata return 15% dalam waktu 5 tahun terakhir misalnya, artinya kita berharap dalam waktu 5 tahun kedepan reksa dana ini mampu memberikan kita rata-rata return investasi 15% per tahun. Apakah ini menguntungkan ? sekali lagi jawabannya, tentu saja.

 

Bagaimana kalau kita ingin mendapatkan untung dalam waktu 3 bulan kedepan atau 1 tahun kedepan?

Tidak ada yang bisa menjawab.

Kita hanya bisa memprediksikan dari hasil yang diberikan sebelumnya, dan kita bisa berharap investasi di reksa dana kita memberikan hasil sebagaimana yang kita inginkan.

Rata-rata return reksadana pasar uang adalah 5 – 7% per tahun

Reksadana pendapatan tetap 8% – 12% per tahun

Reksadana campuran 10% – 20% per tahun

Reksadana saham 20% – 25% per tahun

 

Takut investasi kita jadi rugi ? pilihlah dulu reksa dana yang risikonya rendah seperti reksadana pasar uang. Kalau kita semakin berani baru pilih reksa dana yang perkiraan hasilnya lebih tinggi. Semakin tinggi keuntungan yang kita harapkan, maka resiko nya akan semakin tinggi pula.

 

High risk, high return. Selamat berinvestasi

 

Tejasari CFP®

http://new.tatadana.com/reksa-dana-menguntungkan-ga-ya/