Punya Rumah? Asuransikan!

asuransi rumah - logo

Dalam asuransi kerugian umum, ada asuransi yang memberikan perlindungan untuk rumah. Dalam asuransi rumah pada dasarnya menanggung kerusakan terhadap risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang atau benda yang jatuh dari pesawat terbang dan asap (FLEXAS- Fire, Ligthning, Explosion, Aircraft Impact and Smoke). Dalam asuransi dasar ini perlindunganya terbatas; misalnya jika terkena bencana alam seperti banjir maka tidak ditanggung oleh asuransi dasar.

Baca juga: Insurance Call Center – solusi bagi yang bingung mencari asuransi atau kesulitan mengajukan claim

Jika Anda memiliki rumah yang dibeli dengan cara KPR, biasanya saat membayar cicilan sudah termasuk asuransi rumah namun hanya asuransi dasar. Oleh karena itu maka ada perluasan asuransi yang melindungi dari resiko bencana alam seperti banjir. Untuk rumah yang sudah lunas atau dibeli dengan cara tunai, maka wajib memiliki asuransi rumah.

Besaran premi yang dibayarkan juga ditentukan berdasarkan criteria pembagian zona; semakin beresiko lokasi rumah terkena banjir maka akan semakin mahal preminya. Berikut rinciannya berdasarakan Surat Edaran (SE) OJK Nomor 06/D.05/2013:

asuransi rumah

Jika lokasi rumah berada di daerah rawan banjir, maka premi yang dibayarkan akan lebih mahal dibandingkan yang tidak. Namun dengan memiliki asurasni rumah yang memberikan penggantian akibat banjir maka akan jauh lebih tenang karena ada pengantian jika mengalami kerugian.

Pilihlah asuransi rumah yang sesuai dengan lokasi rumah dan potensi terhadap hal-hal penyebab kerugian seperti banjir. Jika lokasi rumah di daerah rawan banjir maka sangat memerlukannya, jika berlokasi di daerah yang tidak rawan banjir perlu dimiliki untuk berjaga-jaga. Jadi, asuransi rumah sangat diperlukan dengan berbagai manfaat dan premi yang sangat beragam.

User Rating: 5.0 (1 votes)
Sending