Proses, Komitmen, dan Keuangan

Mengejar sebuah atau beberapa tujuan akan selalu melibatkan proses. Mengejar ambisi, mengejar mimpi, dan berbagai hal lain yang kita kejar dalam hidup ini, akan selalu melibatkan proses, entah itu panjang atau pendek. Dan yang namanya proses, akan erat kaitannya dengan komitmen. Bagaimana kaitan antara proses dan komitmen dengan keuangan kita?

 

Katakanlah saat ini kita sudah berada dalam titik dimana kondisi keuangan sudah teratur dan terencana dengan baik. Kita sudah menemui perencana keuangan. Kita sudah tahu apa saja dan berapa saja yang perlu dikeluarkan untuk mencapai semua tujuan kita. Bahkan mereka sudah memberitahukan kapan saja kita perlu melakukan pembelian produk keuangan. Semua sudah sangat jelas. Layaknya buku manual sebuah resep memasak, kita hanya perlu mengikuti semua petunjuknya.

 

Semua detail hal yang telah diberikan oleh perencana keuangan kepada kita adalah proses yang harus dilakukan. Ada yang perlu menjalankan proses yang sangat panjang, ada juga yang menjalankan proses yang cukup singkat. Yang jelas, hampir semuanya membutuhkan proses. Tindakan ketika kita mendatangi perencana keuangan juga bagian dari proses, hanya saja itu adalah tahap paling awal dari proses. Setelah itu, kita masih harus mengikuti berbagai saran yang sudah diberikan.

 

Ketika kita melaksanakan semua saran yang telah diberikan secara berlanjut, itu adalah komitmen. Komitmen akan menjadi sebuah sikap yang menentukan keberhasilan kita dalam mengejar berbagai tujuan. Ketika kita menerima hasil perencanaan keuangan lalu kemudian mendiamkannya begitu saja, apakah lantas akan membuat keuangan kita beres dengan sendirinya? Apakah kemudian kebutuhan biaya pendidikan anak-anak akan secara otomatis terpenuhi dengan sendirinya? Komitmen kita yang akan memenuhinya.

 

Mengelola dan merencanakan keuangan sangat berkaitan erat dengan kedua hal tersebut, proses dan komitmen. Terkadang tidak bisa cepat dan terkadang tidak mudah, tapi sangat penting untuk tetap menghidupkan asa dalam mengejar berbagai mimpi, ambisi, dan tujuan kita. Lalu, dengan berbagai tujuan, pengelolaan, dan perencanaan keuangan yang telah anda miliki, apakah anda memiliki komitmen untuk menjalankan prosesnya? Satu saran, nikmati segala prosesnya.

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com