Politik dan Produk Keuangan

 

Pada satu titik, terdapat satu kesamaan antara memilih produk keuangan dengan memilih calon legislatif. Dengan semakin meleknya masyarakat akan kedua hal tersebut, mereka juga semakin kritis dalam menentukan produk mana yang akan dipilih. Kenapa semakin kritis? Mungkin karena pada akhirnya, masyarakat akan memahami bahwa memilih produk keuangan dan memilih calon legislatif, sama-sama dapat menentukan masa depan mereka.

 

Memilih adalah hal yang gampang. Memilih adalah proses terakhir yang akan kita lakukan. Tapi justru yang tersulit adalah proses menyeleksi. Proses menyeleksi akan menentukan apakah pilihan akhir yang kita pilih adalah pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Masalah terbesarnya adalah, bagaimana cara menyeleksi diantara puluhan dan ratusan produk (baik keuangan dan politik)?

 

Kita harus mengakui bahwa pengetahuan di bidang keuangan (apalagi politik) dari sebagian kita masih sangat terbatas. Keterbatasan ini menuntut kita untuk lebih aktif lagi dalam menggali berbagai informasi yang relevan. Misalnya perusahaan keuangan (atau partai politik) mana yang terbaik, produk keuangan (atau calon legislatif dan calon presiden) mana yang paling sesuai, dan berbagai hal lainnya. Oleh karena itu, pekerjaan rumah terbesar adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya.

 

Akhir-akhir ini, beberapa dari kita pasti sibuk mencari informasi mengenai profil calon legislatif dengan memanfaatkan berbagai tautan agar lebih mengenal mereka. Hal ini juga yang seharusnya kita lakukan sebelum memilih produk keuangan. Sibuklah berkeliling di internet. Survey. Memang makan waktu, tapi setidaknya jangan sampai salah pilih. Coba anda bayangkan bagaimana rasanya calon legislatif yang anda pilih, pada akhirnya tertangkap kasus korupsi. Kesal kan? Itulah yang akan anda rasakan pada waktu tahu produk keuangan yang anda pilih ternyata tidak memberi manfaat, atau malah merugikan anda. Jadi masalah mencari informasi ini bukan perkara sembarangan.

 

Intinya, dalam mencari dan memilih produk keuangan (dan calon legislatif) adalah gali info sedalam mungkin. Do your homework first, then decide!

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com

ralph lauren uk,ralph lauren italia,christian louboutin sale,louis vuitton uk,ralph lauren australia