Pintar Memilih Waktu Berbelanja

jangan lupa waktu - NgaturDuit.com

Berbelanja memang bisa dilakukan kapan saja. Namun tahukah Anda bahwa pemilihan waktu belanja yang tepat dapat membuat Anda lebih hemat?

Selain bisa membantu membatasi pengeluaran, dengan memilih waktu belanja yang tepat, Anda bisa mendapatkan barang-barang berkualitas dengan variasi produk dan harga yang lebih bersaing. Penasaran? Yuk sama-sama kita simak ulasannya.

Momen Terbaik untuk Berbelanja Lebih Hemat

moment shopping

Perilaku boros di saat berbelanja biasanya muncul ketika Anda tidak mampu mengekang keinginan, terlebih jika di saat tersebut keuangan Anda sedang mencukupi. Nah, agar lebih bisa membatasi konsumsi saat berbelanja, coba deh untuk pergi di waktu-waktu berikut ini.

Satu minggu setelah gajian.

gajian

Di awal masa gajian, ketika uang di rekening masih terlihat banyak, berbagai keinginan biasanya muncul dan Anda menjadi lebih impulsif.

Agar tidak kebablasan, setelah uang gaji masuk ke rekening, bayarkan terlebih dahulu segala kewajiban dan sisihkan biaya kebutuhan hidup untuk bulan tersebut. Dengan sisa uang yang tidak lagi terlalu banyak, secara otomatis Anda akan berpikir dua kali untuk membelanjakannya secara bebas.

Tips: Catat segala kebutuhan secara terperinci dan jadikan catatan tersebut sebagai acuan. Usahakan untuk membeli kebutuhan bulanan sekaligus agar tidak bolak-balik berbelanja dan bawa uang secukupnya untuk menghindari membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Ketika hati senang

hati senang

Berbelanja – bagi sebagian orang – merupakan salah satu cara untuk menyenangkan hati. Namun berhati-hatilah, jika suasana hati Anda sedang tidak baik, Anda akan sulit berpikir jernih dan cenderung mengikuti berbagai keinginan untuk melampiaskan kekesalan.

Untuk itu, jika Anda sedang merasa kesal sebaiknya jangan berbelanja, karena jika Anda melampiaskannya dengan belanja membabi buta dan uang Anda habis dan barang yang dibeli tidak benar-benar diperlukan, perasaan Anda pasti akan jauh lebih buruk.

Tips: Tidak hanya hati yang senang, perut juga harus disenangkan juga sebelum pergi berbelanja. Berdasarkan penelitian, kondisi lapar bisa membuat orang menjadi lebih impulsif dan cenderung sulit mengekang keinginan. Jadi jangan sampai lupa untuk makan dulu sebelum berbelanja!

Di pekan diskon

belanja waktu diskon

Salah satu cara untuk berbelanja hemat adalah dengan mencari potongan harga atau diskon. Jika Anda cukup jeli, ada waktu-waktu yang kerap dijadikan pekan atau bulan diskon, yaitu:

  • Momen-momen khusus seperti bulan Ramadhan, hari raya (Idul fitri, Natal, Imlek), atau hari kemerdekaan. Di waktu-waktu tersebut biasanya supermarket dan pertokoan memberikan diskon untuk berbagai produk, khususnya produk makanan dan fashion.
  • 1-2 minggu setelah hari raya dan di akhir tahun. Ketika end of season biasanya toko-toko akan melakukan cuci gudang atau memberikan potongan harga besar-besaran untuk menghabiskan stok dagangannya. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mencari barang-barang berkualitas dengan harga miring.

Tips: banjir diskon juga bisa dijumpai jika pusat perbelanjaan atau supermarket mengadakan midnight sale dengan potongan harga besar-besaran. Untuk itu persiapkan diri Anda sebaik mungkin, karena selain waktunya sangat terbatas, Anda juga bersaing dengan banyak pemburu diskon lainnya.