Pertama Kali Membeli Saham [willy update]

Sudah menetapkan tujuan, sebagai investor atau trader, sekarang saatnya membeli saham melalui sekuritas.

Bagaimana membuka rekening di sekuritas? Kita bisa mendatangi kantor sekuritas atau saat ada pameran bertema keuangan/investasi. Cara yang paling mudah bisa dengan mengisi mendownload dan mengisi formulir pendaftaran secara online. Tinggal melengkapi syarat-syarat yang diperlukan, proses pembuatan akun membutuhkan waktu sekitar 7 hari kerja. Setelah 7 hari kerja maka kita akan menerima email notifikasi sudah dibukakan akun di sekuritas dan menyusul pembukaan rekening dana investor untuk keperluan penyetoran dana yang akan digunakan untuk transaksi.

Baca juga: Cara Memilih Sekuritas

Untuk rekening dana investor biasanya sekuritas bekerjasama dengan satu atau lebih bank kustodian, yang fungsinya menyimpan dana investor. Ingat, dana investor harus ada di bank kustodian atas nama investor, bukan sekuritas! Ketentuan mengenai besaran penyetoran dana awal tergantung kebijakan masing-masing sekuritas; ada yang minimal 5 juta namun dalam promo atau acara tertentu bisa dimulai dengan setoran awal minimal 100 ribu.

Setelah rekening dana investor aktif, kita sudah bisa menyetorkan sejumlah dana ke rekening investor. Akhirnya kini kita bisa mulai melakukan pembelian saham untuk pertama kalinya. Kita diberikan fasilitas dan kebebasan dalam memlih cara untuk membeli saham seperti:

  1. Secara Offline, dilakukan dengan mendatangi kantor sekuritas atau melalui telepon ke bagian dealer. Salah satu kelebihannya adalah bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli saham. Namun tentu perlu waktu untuk datang secara fisik dan juga biaya untuk bertransaksi secara offline biasanya lebih besar.
  2. Secara Online, dilakukan melalui website atau aplikasi yang sekuritas sediakan untuk bertransaksi saham. Tinggal memasukan user id dan password, setiap melakukan transaksi maka kita menotorisasi dengan PIN. Tentu sangat memudahkan tanpa perlu datang dan menyediakan waktu khusus hanya untuk membeli. Selain itu biaya bertransaksi lebih rendah.

Bagaimana pengalaman Willy dalam pembelian pertamanya sebagai seorang investor? Berikut adalah sharing dari Willy:

Willy memutuskan membeli saham PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sebagai saham pertama yang dibeli. Tinggal lihat kolom harga, pilih yang sesuai dan klik untuk melakukan pembelian saham. Setiap sekuritas mungkin saja tata letak dan desainnya berbeda. Berikut tampilan web sekuritas yang digunakan Willy:

sekuritas online trading

Sekedar informasi kalau PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) berbeda ya. Kalau PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk adalah perusahaan Indofood di bidang CBP (Consumer Branded Product). Produk -produk yang diproduksi seperti Mie Instan, Makanan Ringan, Bumbu Penyedap Makanan, Nutrisi & Makanan Khusus serta Biskuit.

ALERT! Cek IDX Watch untuk ICBP Special Report yang baru keluar 30/12/2014

Jadi apa alasan Willy membeli ICBP? Mie instan! Salah satu produk yang diproduksi dan dijual PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dengan merk Indomie, Sarimi dan Supermie. Yang paling terkenal ya Indomie, apalagi rasa kari ayam dan bulgogi rasanya enak, katanya.

Ditambah juga pastinya konsumen utama indomie adalah anak kost dan mahasiswa, di saat harus berhemat mie instan jadi pilihan makanan yang murah dan enak. Dengan jumlah konsumen yang potensial tentu pendapatan perusahaan semakin meningkat dari tahun ke tahun. (Willy curcol)

Jadinya, diharapkan dividen yang dibagikan dan juga kenaikan harga saham untuk tentu juga akan naik dari waktu ke waktu itu lah alasan Willy memilih membeli saham PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sebagai saham pertama.

Kalau kamu waktu pertama kali membeli saham, apa saham yang dibeli ya? Yuk, kasih tahu Willy dengan mention @ngaturduit di twitter.

User Rating: 4.4 (7 votes)
Sending