Persiapan Mudik

mudik

“Libur telah tiba…libur telah tiba…hore…”, masih ingat dengan lagu itu? Lagu yang dinyanyikan oleh Tasya di tahun 2000, menjadi lagu populer untuk menyambut liburan.

Libur lebaran sebentar lagi, dan bagi yang merayakan, disaat libur ini biasanya akan mudik ke rumah orang tua masing-masing. Nah, melalui artikel ini, kami senang berbagi tips singkat untuk melakukan persiapan mudik. Kira-kira apa saja yang perlu kita lakukan? Dan apa saja yang perlu kita bawa?

1. Persiapkan Uang

Karena mau mudik, dan biasanya melakukan perjalanan jauh yang melelahkan, juga tinggal di kampung halaman dalam waktu yang cukup lama, maka uang perlu disediakan. Kita sudah bahas bagaimana mengelola gaji dan THR di dua artikel lalu, maka di artikel kali ini kami tidak akan memperinci pengelolaannya, tapi tetap mengingatkan, kalau dalam mengelola pendapatan, selalu utamakan yang penting. Karena ini menyangkut mudik, tentu bukan lagi kebutuhan pokok yang penting, karena itu kami anggap sudah masuk dalam anggaran utama.

Jadi apa yang penting dalam mudik? Tentu biaya-biaya yang akan kita keluarkan sepanjang perjalanan, mulai dari bensin, tol, parkir, makan, jajan, biaya toilet (ini sepele tapi jika tidak dimasukan budget, maka bisa kebobolan).

Setelah biaya-biaya di atas, apalagi yang perlu? Biaya darurat tentunya, ini bukan saja untuk kita atau keluarga yang bisa tiba-tiba sakit sepanjang perjalanan, tapi juga biaya darurat untuk mobil yang bisa tiba-tiba sakit diperjalanan. Kita perlu memastikan adakah bengkel-bengkel resmi terdekat, yang bisa kita datangi, atau jika tidak ada bengkel yang dekat, apakah kita sedia nomor darurat bengkel resmi?

Lalu, yang sepele untuk biaya mobil tapi perlu dimasukan dalam budget adalah biaya untuk dorong mobil jika terjadi hal darurat di atas.

2. Persiapkan pakaian secukupnya

Jika sudah siap dengan uang untuk mudik, yang perlu dipersiapkan berikutnya adalah, pakaian. Kenapa secukupnya? Pertama, supaya jangan berat bawanya, kedua, karena biasanya suka beli pakaian baru dari tempat kita tinggal, kenapa tidak kita siapkan saja uang, lalu kita beli di tempat kita mudik? Selain menghemat tempat dalam kendaraan kita, juga kita bisa berbagi keceriaan dengan keluarga di kampung halaman, karena bisa berbelanja bareng. Kapan lagi bisa nunjukin kita jadi orang sukses (gaya banget…hahahaha, :D )

 3. Persiapkan mental dan kesehatan

Yang terakhir, yang tidak kalah penting, adalah persiapkan mental dan kesehatan kita. Karena umumnya akan melakukan perjalanan yang sangat…sangat…jauh, maka, sediakan waktu istirahat yang cukup. Lebih baik banyak istirahat, dari pada celaka di jalan, kenapa? Pertama, supaya terhindar celaka tadi, kedua, supaya kita bisa nikmatin jalan-jalan kita, ketiga, supaya bisa nunjukin kalau kita jadi orang sukses seperti di point kedua di atas, karena, kalau kita sakit atau celaka, mana bisa kita kasih liat keluarga di kampung kalau kita sukses, ada juga mereka prihatin, dan pastinya nambah biaya, alias overbudget.

Jadi, sebelum mudik, persiapan adalah penting, lebih baik lama dipersiapan tapi cepat sampai, daripada terburu-buru persiapan tapi gawat darurat hasilnya, jangan sampai yah…
Kalau mau berbagi pengalaman siap-siap mudik, silahkan share ke kami…
So, tunggu apalagi, yuk kita nyanyi bersama (jangan malu meski dah berumur yah, :D , yang penting hepi bareng keluarga)

Libur telah tiba,libur telah tiba
Hore,Hore,Hore
Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh kesahmu
Libur telah tiba,libur telah tiba
Hatiku gembira!

  • http://hipxdownloads.blogspot.com/ Nancy

    Realmente Increíble !!!
    Gracias por compartir este post. Este mensaje me hizo para visitar una vez más. Espero que u publicar esas cosas de nuevo. Far Cry 4 PC Game Free Download