Perempuan dan Belanja

Pernah membaca atau menonton film, confession of a shopaholic?  Saya suka sekali edisi itu, sampai punya koleksi bukunya full.  Ceritanya adalah tentang Becky Bloomwood yang kecanduan belanja hingga hutang kartu kreditnya menumpuk dan dia dikejar-kejar tagihan.  Dalam novel, tentu saja hal ini menghibur apalagi dengan ending yang sweet sesui keinginan pembaca.  Tetapi, dalam kehidupan nyata? Amit-amit jika hal itu sampai terjadi pada kita.

Sebagai wanita yang hidup di kehidupan urban, belanja sudah menjadi bagian dari gaya hidup kita, sudah capek bekerja, kita menganggap sudah sewajarnya kita menghibur dan menghadiahi diri sendiri dengan berbelanja beberapa barang yang kita idamkan.  Akan tetapi bagaimana agar berbelanja tersebut tidak membuat kita terjerumus ?

Berikut beberapa tipsnya :

1.       Buat anggaran belanja.
Berbelanja boleh saja, tetapi harus disesuaikan dengan kemampuan kita, jangan sampai memaksakan untuk membeli barang-barang yang bermerek akan tetapi untuk kebutuhan dasar kita saja kita kekurangan.  Oleh karena itu, buatlah anggaran, seberapa besar kemampuan kita dan berusahalah untuk mematuhi anggaran tersebut.

2.       Buat rekening shopping
Setelah gaji masuk, segeralah pisahkan bagain-bagiannya, termasuk juga untuk berbelanja.  Disarankan untuk anda para wanita untuk memiliki rekening khusus untuk berbelanja, sisihkan jatah belanja anda setiap bulan ke rekening tersebut.  Anda bisa dengan bebas mengunakan rekening tersebut samapai habis sekalipun, karena memang peruntukannya untuk berbelanja.

3.       Buatlah rencana belanja
Daftar kebutuhan atau shopping list akan sangat membantu kita dalam kontrol diri.  Dengan mematuhi daftar tersebut, kita bisa mengurangi efek berbelanja tidak terencana atau istilahnya impulsive buying.

4.       Aktif berkegiatan
Alihkan waktu senggang anda untuk kegiatan lain selain ke mall ataupun tempat berbelanja lainnya.  Sehingga rekreasi anda tidak hanya terpaku ke tempat-tempat tersebut, dengan mengurangi frekuensi anda berkunjung ke pusat perbelanjaan ataupun browsing online shopping, otomatis kegiatan berbelanja jadi lebih berkurang.

Semoga bermanfaat ya .. Live a beautiful life !

Liza Herlina (Associate Planner)
ZAP Finance
Gedung Menara Prima lantai 26D
Jl. Lingkar Mega Kuningan
Jakarta 12950
Telp. (021) 5794-8059
Fax. (021) 5794-8057
Twitter: @zapfinance
Email: info@zapfin.com

Lakukan manajemen keuangan dan investasi dengan mudah di http://www.ngaturduit.com