Pengeluaran Sekunder


Dalam beberapa hari ke depan, beberapa perusahaan akan melaksanakan Hari Gajian. Kita para karyawan, tentu bergembira ria, sebagaimana bulan lalu, bulan sebelumnya, dan sebelum-sebelumnya lagi. Dan sebagaimana biasanya pula, siang hari gaji masuk ke rekening, malam pulang kantor langsung hura-hura. Selama seminggu, terus seperti itu. Gaji masih bersisa, tapi hanya untuk sekedar kebutuhan makan sehari-hari. Itupun besar sisanya sangat pas-pasan. Lalu, siapa yang salah kalau seandainya terjadi seperti ini? Salah gajinya kah, karena anda merasa gaji anda kurang besar? Belum tentu, karena bisa saja anda yang kurang mengendalikan pengeluaran anda selama sebulan.

 

Mengendalikan pengeluaran menjadi satu hal yang terdengar sederhana, namun terlihat sulit pada saat akan menerapkannya. Tidak semudah anda menghamburkannya di malam hari setelah gajian. Dari penghasilan yang rutin anda terima setiap bulan, terdapat sebuah jenis pengeluaran yang pasti sering anda keluarkan, tapi anda tidak pernah ngeh, yaitu pengeluaran sekunder.

 

Jika anda merasa (pernah) berada di posisi di mana anda tidak pernah mampu menyisakan dana setiap di akhir bulan, maka mungkin tersangka dan terdakwa utamanya ada di Pengeluaran Sekunder. Berbagai pengeluaran yang terjadi di kelompok ini sifatnya tidak terlalu vital bagi aktivitas produktif keseharian anda, sehingga masih bisa anda lakukan penyesuaian. Salah satu pengeluaran yang umum terjadi adalah ketika anda mengeluarkan dana yang rutin anda lakukan untuk menjalankan hobi anda. Nonton bioskop, makan di restoran, modifikasi motor, perawatan ke salon tiap minggu, dan sebagainya. Kalau anda mengurangi frekuensi nonton bioskop dari seminggu sekali menjadi dua minggu sekali, tidak akan mengganggu aktivitas produktif anda sehari-hari, bukan? Jadi, hati-hatilah dengan pengeluaran sekunder. Memang, mengeluarkan uang untuk pengeluaran sekunder cenderung menyenangkan hati, tapi kalau lengah, bisa menyengsarakan.

 

Nah, mumpung anda akan segera gajian atau sudah gajian, segera kendalikan jajan-jajan anda, ya!

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com