Pendidikan adalah Segalanya

PENDIDIKANSeiring dengan perkembangan jaman di dunia modern ini, kita semua menyadari bahwa memiliki pendidikan yang baik adalah segalanya. Tapi, pendidikan yang baik memiliki implikasi lain, yaitu harga atau biaya. Memang tersedia banyak pilihan sekolah, mulai dari sekolah negeri hingga sekolah swasta. Dari sekolah nasional hingga sekolah internasional. Dari yang gratis hingga yang bayarannya dengan kurs dollar. Semuanya tersedia. Ya, dan anda benar. Yang tidak tersedia adalah dana atau uangnya.

Semua orang tua ingin menyekolahkan putra-putrinya di sekolah dengan kualitas pendidikan terbaik. Semua orang tua rela untuk menyederhanakan gaya hidupnya, demi terjaminnya pendidikan yang diperoleh oleh anak-anak. Semua orang tua ingin semua yang terbaik untuk anak-anaknya. Tapi masalahnya, tidak semua orang tua memiliki sumber daya untuk memperoleh itu semua, misalnya sumber daya keuangan.

Jika boleh jujur, mempersiapkan dana pendidikan adalah perencanaan tersulit di dalam sebuah perencanaan keuangan. Perencanaan dana pendidikan memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan perencanaan lain, seperti perencanaan dana pensiun. Dalam menyusun perencanaan dana pendidikan, sangat dibutuhkan tingat ketelitian yang tinggi terutama dalam pengaturan timeline persiapan dana.

Mempersiapkan dana pendidikan harus mempertimbangan waktu saat uang tersebut harus digunakan. Misalnya, tahun 2015 anak anda akan mulai masuk sekolah, berarti anda harus memastikan bahwa dananya sudah siap tersedia di rekening, sekurangnya di awal 2015 atau lebih aman pada saat pertengahan 2014. Kenapa? Karena anda harus mulai mengeluarkan dana untuk kebutuhan uang pangkal, seragam, dan lain sebagainya.

Berbicara tentang waktu, anda juga harus menghitung nilai masing-masing tahun ajaran di masa depan, yang telah disesuaikan dengan inflasi atau kenaikan rata-rata biaya sekolah terkait. Sederhananya, nilai biaya sekolah anak anda ketika duduk di kelas 3 SD berbeda dengan saat nanti ia duduk di kelas 4 SD, karena adanya perbedaan jangka waktu dari hari ini hingga nanti. Terbayangkah? Nah, jika terbayang, coba bayangkan anda harus menghitung semua itu mulai dari anak usia TK hingga kuliah S1.

Merencanakan dan mempersiapkan dana pendidikan memang tidak mudah, tapi paling tidak, semua usaha yang anda lakukan akan memberikan hasil yang terbaik untuk anak-anak anda kelak. Selamat berencana!

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com