Panduan Menyimpan Uang bagi Pemula

Cara Berhemat - NgaturDuitPanduan Menyimpan Uang bagi Pemula

Menabung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tingginya tuntutan hidup, didukung dengan sifat dasar uang yang sulit bersisa, membuat banyak orang terus terbawa arus keinginan dan tidak kunjung menabung. Padahal di usia-usia produktif, setiap orang seharusnya memiliki perencanaan keuangan yang matang serta memiliki sejumlah simpanan untuk masa depannya.

Jika Anda adalah salah satu yang belum memiliki simpanan masa depan, sudah saatnya untuk menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk ditabung dan berinvestasi. Dan untuk memulainya, Anda bisa mengikuti beberapa panduan menyimpan uang bagi pemula berikut ini.

Menyisihkan uang penghasilan

menyisihkan

Dari setiap penghasilan yang didapatkan, Anda harus menjadikan simpanan/tabungan pribadi sebagai salah satu prioritas utama setelah pengeluaran pokok atau biaya serta pembayaran utang. Posisi dana tabungan ini bisa ditempatkan di atas pos keuangan untuk dana darurat.

Jika Anda belum disiplin, sebagai awal Anda bisa menggunakan atau memanfaatkan fasilitas autodebit yang disediakan bank agar uang yang Anda terima saat gajian bisa langsung tersisihkan. Cara ini cukup efektif untuk “memaksa” dan membantu Anda menyisihkan uang setiap bulannya secara disiplin.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai jumlahnya terlalu besar dan akhirnya ‘memakan’ pos biaya pokok hidup. Selain menyisihkan dalam bentuk tabungan ‘biasa’, Anda juga bisa mengikuti program tabungan berencana atau tabungan investasi berjangka waktu.

Berinvestasi

investasi

Cara lain yang bisa dilakukan agar Anda memiliki simpanan adalah dengan mengonversi uang menjadi emas. Emas adalah salah satu investasi yang paling tidak terkena dampak inflasi dan nilainya selalu naik. Jadi cara ini sangat efektif untuk membantu Anda menyisihkan uang untuk masa depan.

Menabung emas, bukan berarti harus membelinya langsung dalam jumlah banyak, karena tentunya sangat memberatkan. Anda bisa mengikuti program pembelian emas secara mengangsur di beberapa lembaga keuangan, seperti misalnya Penggadaian. Emas yang dijual merupakan emas murni bersertifikat yang nilainya berkembang mengikuti perkembangan pasar.

Ubah Gaya Hidup dan Lakukan Penghematan

gaya hidup

Membuka tabungan autodebit atau mengangsur emas memang terlihat tidak sulit dilakukan. Namun bagaimana jika ternyata anggaran untuk melakukan hal tersebut benar-benar tidak ada? Jangankan untuk menabung, gaji yang ada saat ini ternyata hanya pas untuk menutupi kebutuhan sehari-hari selama satu bulan.

Jika kondisinya seperti demikian, Anda sebenarnya masih bisa menyisihkan sejumlah uang dengan sedikit mengubah gaya hidup dan melakukan beberapa penghematan. Jika dilihat dari selisih yang diperoleh, mungkin nominalnya tidak terlalu besar, namun jika dijumlahkan secara kumulatif tetap ada sejumlah angka yang bisa ditabung atau dijadikan angsuran emas.

Berikut adalah beberapa penghematan yang bisa dilakukan:

  • Menekan biaya listrik dan air dengan melakukan efisiensi energi di rumah.
  • Menghemat biaya makan di luar dengan membawa bekal dari rumah.
  • Beralih ke transportasi umum untuk mengurangi biaya bahan bakar (jika menggunakan mobil).
  • Mengerjakan sendiri beberapa urusan/pekerjaan yang biasanya dilimpahkan ke orang lain, seperti misalnya biaya laundry, cuci mobil, atau mengurangi jumlah asisten rumah tangga.
  • Mengurangi hangout dengan teman-teman dan menggantinya dengan gathering atau nonton bareng di rumah atau rumah teman secara bergantian.

Selain melakukan penghematan, Anda juga bisa menambah jumlah simpanan dari bonus atau uang tambahan di luar gaji, seperti misalnya uang lembur, bisnis online, atau bekerja tambahan paruh waktu. Namun demikian, berusahalah untuk tetap proporsional. Jangan sampai Anda memaksakan diri menabung dan membatasi segala kebutuhan secara ekstrem sehingga menyusahkan Anda sendiri. Semoga bermanfaat.