Outlook Saham Mingguan 17-21 Maret 2014

Pasca Euforia Jokowi Capres, momentum penguatan IHSG terbatas

Break high namun rentan aksi jual (sudah diskon?): Walaupun IHSG berhasil untuk break high diatas level psikologis 4.830 namun keadaan jenuh beli mingguan dan harian ditakutkan akan memicu profit taking setelah kenaikan 3% lebih dalam sehari.

 

Kembali ke Makro dulu- Siklus recovery makro terhenti sementara? Dana asing masuk akibat siklus recovery macro terutama di current account deficit yang telah mengalami surplus dari November dan Desember terhenti sejak keluarnya deficit di bulan Januari sebesar $430 juta versus surplus $1.512 di Desember, pasar juga sebelumnya yakin bisa surplus $600 juta di Januari namun itu tidak terjadi. Kenaikan pasar sebelumnya telah cukup mendiskon perbaikan makro lainnya seperti penurunan inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang in-line dengan skenario pemerintah dan euphoria Jumat ini merupakan klimax dengan faktor Jokowi Capres PDIP.

 

Rupiah sudah menguat duluan: Penguatan rupiah dari level 12.000 hingga low 11.275 dalam beberapa minggu terakhir mungkin merupakan proses dana asing masuk untuk mengambil posisi saham maupun obligasi antisipasi Jokowi menjadi Capres PDIP, pada saat berita keluar rupiah hanya menguat sedikit dan close diatas level terendah intraday selama seminggu (11.275) di level 11.360. Hal ini merupakan signal bahwa dari segi currency sudah mendiskon sebelumnya pencapresan tersebut. Ditakutkan akan terjadi koreksi atau pelemahan rupiah kembali ke 11.500 yang berakibat IHSG dapat koreksi kembali ke level sewajarnya di 4.720.

 

Waspadailah koreksi pasca euphoria di IHSG : Recovery pasar selama 3 bulan yang sudah memberikan gain cukup besar dari level 4.100 hingga high mendekati 4.900 dimana kenaikan dari 4.700 ke 4.847 (+147pt) hanya terjadi satu hari mungkin sudah mencerminkan faktor politik Jokowi Capres, dan ditakutkan pasar akan melakukan profit taking dan kembali ke realita makro yang belum sepenuhnya selesai.

 

Stock picks and 1-week targets: (BUY JSMR, TLKM, ASII, CPIN)

HD Weekly 17-21 Mar 2014

 

Disclaimer:

Investasi di pasar modal adalah hal yang beresiko dan dapat mengakibatkan kerugian material. Tulisan ini hanya bertujuan hanya sekedar memberikan informasi dan tidak boleh ditafsirkan sebagai ajakan atau penawaran untuk membeli dan/atau menjual efek atau instrumen keuangan lainnya. Setiap keputusan investasi yang di ambil merupakan tanggung jawab sepenuhnya investor.

 

Yuganur Wijanarko (yuganur@hdx.co.id) / @papahlauren
Senior Research PT. HD Capital Tbk

 

[ Tips : Akses Online Trading Platform secara gratis dengan mengakses "menu investasi" di www.ngaturduit.com ]