Nasib Tanggal Tua

Memasuki masa-masa di akhir bulan berarti memasuki masa-masa tanggal tua. Istilah tanggal tua sudah sangat lazim dan diketahui luas di tengah masyarakat kita. Istilah ini lazim digunakan untuk menggambarkan situasi di mana kondisi keuangan yang mulai menipis di tanggal-tanggal menjelang hari gajian. Kondisi di mana kita lebih memilih diam di rumah, dibandingkan jalan-jalan dan mengeluarkan uang.

 

Berada di dalam sebuah situasi bernama tanggal tua adalah sebatas masalah pilihan. Pilihannya apakah kita ingin tetap berada di dalam situasi seperti itu atau memang kita berupaya untuk keluar darinya. Fenomena tanggal tua ini hanya sebatas tantangan untuk mengatur aliran uang atau cash flow kita. Dan tentunya kedisipilinan kita dalam mengelola dan mengendalikan diri.

 

Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah membuat pos-pos pengeluaran atau anggaran. Cara ini umum digunakan untuk kebutuhan keuangan perusahaan, tapi bukan tidak mungkin untuk diterapkan di keuangan pribadi kita sehari-hari. Perusahaan selalu membuat anggaran untuk setiap pos atau kebutuhan pengeluaran rutin. Begitu juga kita. Kita rutin menggunakan penghasilan untuk kebutuhan hidup selama sebulan penuh. Segala kebutuhan sandang hingga papan dan dari yang primer hingga yang tersier, selalu kita keluarkan secara rutin. Namun, pernahkah kita membatasinya?

 

Coba anda lihat beberapa waktu ke belakang untuk membantu dalam membentuk anggaran. Kita harus mengetahui kebiasaan atau pola kita dalam melakukan pengeluaran. Berapa yang dihabiskan untuk makan hingga untuk senang-senang. Tentukan apakah besarnya wajar atau berlebihan. Jika berlebihan, sesuaikan sekarang agar di masa depan menjadi lebih mudah dalam menjalankannya. Jika anda masih mengalami tanggal tua di akhir bulan, berarti anda belum mencapai titik wajar.

 

Dengan cara anggaran per pos pengeluaran seperti ini, kita dipaksa untuk mengetahui seberapa jauh ruang gerak-gerik yang bisa dilalui. Anggaran belanja bulanan sebesar satu juta rupiah, namun anda baru saja berbelanja hingga satu setengah juta rupiah, berarti ada yang salah dengan itu. Anda telah melanggar batas anggaran anda sendiri. Jika semua pola kebiasaan “jajan” kita sudah ter-cover maka tidak ada lagi istilah tanggal tua, karena semua pengeluaran memang sudah terencana dan terpenuhi sejak awal.

 

Tapi kembali lagi kepada kedisiplinan dan komitmen diri. Ini semua akan menjadi sia-sia jika kita masih bersikap permisif terhadap anggaran yang telah kita buat sendiri. Semoga tidak ada lagi tanggal tua di antara kita.

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com

cheap ralph lauren,ralph lauren italia outlet online,christian louboutin wedding shoes,louis vuitton bags,ralph lauren online australia