Mobil atau Rumah Dulu?

The life investment

Dilema karyawan yang sudah bekerja 1 tahun atau lebih, biasanya adalah masalah mobil atau rumah, mana lebih baik yang didahulukan.

Lewat artikel ini, kami coba memberikan gambaran, agar setelah Anda melihat kondisi Anda, Anda tahu mana yang akan Anda dahulukan.

Mobil dulu, kenapa?
Pertama, coba Anda tanya ke diri Anda, kalau Anda beli mobil, lalu akan Anda gunakan untuk apa? Apakah sekedar menjadi alat transportasi semata yang mempermudah Anda ke kantor dan bersenang-senang? Atau apakah Anda membeli mobil ini Anda gunakan untuk menjadi penghasilan tambahan?

Kenapa ini Anda tanyakan? Karena umumnya, jika kinerja Anda baik di suatu perusahaan apalagi perusahaan besar, umumnya, mereka akan memberikan fasilitas, yang biasanya berupa kendaraan dinas, dan beberapa perusahaan, meminjamkannya untuk Anda pakai.

Jika perusahaan Anda tidak memberikan fasilitas ini karena kinerja Anda belum mencukupi untuk diberikan kendaraan, atau karena memang tidak ada fasilitas ini, Anda pun tidak ada salahnya menanyakan pertanyaan tadi, apakah mobil itu untuk alat transportasi semata atau untuk jadi penghasilan tambahan?

Apalagi ditengah jaman yang semakin kompetitif ini dan dijaman yang semakin sulit ini, Anda harus terus putar otak agar jangan sampai keuangan Anda mudah tergerus oleh keadaan, atau oleh inflasi.

Rumah dulu, kenapa?
Lalu, bagaimana kalau Anda memutuskan untuk beli rumah dulu? Ini tidak salah, tapi perlu juga Anda tanya lagi, apakah pekerjaan Anda sudah cukup aman untuk membiayai cicilan dan merawat rumah? Mungkin sebelum itu ada pertanyaan yang tidak kalah penting yang perlu Anda ajukan, apakah rumah tersebut akan langsung Anda tinggali, atau untuk jadi alat investasi Anda?

Kesimpulan
Mobil dulu atau rumah dulu, apapun pilihan Anda, yang terpenting bukan hanya sekedar beli saja, apakah Anda sudah memikirkan kemampuan membayar cicilannya, apakah Anda sudah memikirkan kemampuan membiayai perawatannya?

Maka, tidak salah kalau Anda jadikan mobil atau rumah Anda sebagai alat investasi atau sebagai alat penghasilan tambahan, bukan hanya untuk menambah keuntungan Anda, tapi juga memperingan Anda membayar cicilan, perawatan, dan tentu keuntungan, sehingga dengan beli mobil atau rumah, jadi ada nilai tambah bagi Anda.

Tapi, perlu juga diingat, kalau mobil umumnya lama-lama harga akan menurun sedangkan rumah lama-lama harganya meningkat. Artinya, kalau mobil Anda beli sekedar Anda jadikan biaya transportasi semata, maka kedepannya tentu akan terus menggerus keuangan Anda, sedangkan rumah kalaupun Anda jadikan tempat tinggal semata, maka dikemudian hari akan menambah keuangan Anda.

Hanya saja, DP mobil saat ini umumnya lebih kecil dari DP rumah, begitu pula besaran cicilannya, umumnya lebih besar cicilan rumah daripada cicilan mobil, sehingga bagi beberapa orang, apalagi jika mereka yang dalam pekerjaannya banyak berurusan dengan klien atau harus banyak bekerja di lapangan, maka mobil lebih cenderung didulukan.

Maka, semua kembali ke Anda, apa yang Anda prioritaskan? Pekerjaan  atau penghasilan tambahan? Keluarga atau aktifitas sehari-hari?

Semoga dengan beberapa pertanyaan di artikel ini, dan sedikit penjelasan, bisa memberikan sedikit gambaran untuk buat keputusan.

Bagi yang sudah berhasil buat keputusan, silahkan share ke sini, mungkin ada tips lainnya…