Metode pembayaran di e-Commerce atau Toko Online di Indonesia

Beautiful young woman shopping over internet

Salah satu alasan masyarakat Indonesia enggan bertransaksi secara online karena takut dengan adanya penipuan dan tambahan biaya pengiriman barang. Padahal, jika kita amati berbelanja melalui e-Commerce atau toko online dapat lebih hemat dan menguntungkan. Asalkan kita teliti dan cermat dalam milih barang dari e-Commerce yang terpercaya.

Salah satu keuntungan yang di dapatkan jika berbelanja online adalah diskon yang didapatkan pada hari tertentu, berdasarkan metode pembayaran yang dipilih.

Sebagai panduan dasar dalam berbelanja online, berikut ini metode-metode pembayaran yang banyak digunakan di e-Commerce dan toko online di Indonesia:

 

Bank Transfer (ATM, Virtual Account)

CARA TRANSFER KIRIM UANG LEWAT ATM KE BANK LAIN SESAMA BANK

Metode pembayaran bank transfer hampir dimiliki oleh semua e-Commerce dan toko online di Indonesia. Yang dimaksudkan dengan metode pembayaran bank transfer, bukan hanya dengan cara Anda harus melakukan pembayaran melalui ATM dan setor melalui teller bank saja. Bank transfer merupakan suatu cara pembayaran yang mengharuskan Anda mengtransfer dana ke rekening perusahaan e-Commerce atau toko online yang bersangkutan, baik melalui ATM, teller bank, internet banking, ataupun mobile banking.

Meski menjadi pilihan paling populer, salah satu kekurangan utama dengan penggunaan metode dengan bank transfer yaitu mengharuskan Anda melakukan konfirmasi pembayaran. Untuk batas waktu pembayaran tergantung jenis bank transfer yang dipilih ada yang menetapkan satu hari, dua hari, hingga tiga hari.

 

Cash On Delivery (COD)

cod

Lain halnya dengan metode pembayaran yang satu ini, cash on delivery (COD) paling banyak diminati, karena pembeli dapat membayar saat barang tiba di tempat tujuan melalui kurir ataupun penjualnya langsung.

Hanya saja untuk memilih metode pembayaran dengan COD melalui e-Commerce, ada dua hal yang perlu Anda perhatikan. Seperti: lokasi pengantaran barang termasuk dalam daftar COD atau tidak dan batasan maksimal total pembayaran, biasanya beberapa e-Commerce menerapkan maksimal pembayaran Rp2.000.000,- hingga Rp3.000.000,- lebih dari itu, dapat dilakukan melalui bank transfer.

 

O2O (Online to Offline)

shoppingonline

Metode pembayaran termasuk dipopulerkan oleh sebuah merek gerai yang terkemuka di Indonesia, dan memiliki cabang di puluhan kota Indonesia. Saat melakukan ekspansi ke ranah online (e-Commerce), terobosan baru dibuat oleh e-Commerce tersebut, salah satunya metode pembayaran O2O (online to offline)

Dengan cara ini, Anda dapat melakukan pemesanan barang melalui situs e-Commerce tersebut. Kemudian memilih metode pembayaran dengan O2O, dan memilih gerai (toko offline) situs tersebut yang berada di wilayah Anda. Setelah mendapatkan konfirmasi, Anda dapat melakukan pengambilan dan pembayaran barang di gerai yang telah ditentukan.

 

Kartu kredit

Online+Shopping+sites+in+India

Metode pembayaran dengan kartu kredit rawan sekali akan fraud (tindakan penyalahgunaan). Oleh karena itu, Anda patut lebih berhati-hati dalam memilih toko online atau e-Commerce yang sudah memiliki keamanan dan dapat menjamin kerahasiaan data kartu kredit Anda.

Setelah memilih metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, pastikan informasi yang Anda isi sesuai dengan data pada kartu kredit. Kemudian, Anda akan mendapatkan kode OTP (One time password) yang harus segera Anda isi. Klik bayar, pembayaran pun lunas, tinggal tunggu barang dikirim.

 

Cicilan dengan leasing

CRO_Cars_Leasing_Stamp_10-14

Di Indonesia, e-Commerce yang menerapkan metode pembayaran dengan cicilan menggunakan leasing belum terlalu banyak. Berbeda dengan menyicil barang menggunakan kartu kredit yang bunga didapatkan bisa 0%. Memilih metode pembayaran dengan cicilan leasing, bunga disesuaikan berdasarkan tenor yang dipilih.

Apabila Anda memilih metode pembayaran dengan leasing, Anda akan dihubungi langsung pihak leasing maksimal dua hari kerja, setelah itu bisa mengisi formulir permohonan pembayaran dan mengisi dokumen yang diminta. Setelah disetujui, Anda akan mendapatkan email atau sms notifikasi dari e-Commerce setelah pihak leasing menyetujui.

 

Minimarket, Kantor Pos, dan Pegadaian

750xauto-tipe-tipe-orang-di-kantor-pos-yang-perlu-kamu-tahu-kamu-tipe-mana-kantor-pos-indonesia-150519a

Pembayaran instan melalui minimarket, kantor pos, ataupun pegadaian memudahkan Anda untuk melakukan transaksi. Tidak berbeda jauh dengan metode pembayaran lainnya, Anda hanya perlu memilih jenis pembayaran instan tersebut. Pembayaran instan melalui minimarket, lebih banyak diminati karena lokasi minimarket yang mudah sekali ditemukan.

Setelah mendapatkan kode pembayaran, Anda hanya perlu memberitahukannya pada kasir tersebut, dan pembayaran pun selesai. Batas waktu pembayaran melalui minimarket biasanya adalah 1×24 jam.

Saat memilih metode pembayaran yang perlu Anda cermati adalah bagaimana tingkat keamanan yang diterapkan oleh e-Commerce tempat Anda berbelanja, biaya administrasi setiap metode pembayaran, dan batasan waktu pembayaran. Untuk mendapatkan promo berdasarkan metode pembayaran, cari tahu syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap e-Commerce.