Merawat Lebih Murah dari Mengobati

perawatan-kesehatan

Dalam kesehatan Anda sering mendengar pepatah di atas, dimana kalau kesehatan Anda jaga, akan lebih murah daripada Anda berobat pada waktu sakit. Karena kalau Anda sakit , biaya akan membengkak, dan umumnya Anda tidak akan langsung punya dana untuk meng-cover nya.

Untuk masalah apapun juga sama, akan lebih murah merawat daripada memperbaiki, baik itu rumah, kendaraan, dll. Oleh karena itu sisihkan lah biaya perawatan dalam tiap anggaran Anda, entah anggaran yang Anda buat bulanan, mingguan atau harian sekalipun, buat “pos” khusus biaya perawatan, di dalam nya termasuk perawatan rumah, mobil, kesehatan Anda, dll.

Lalu dalam melakukan perawatan, adalah lebih baik dan murah jika Anda yang lakukan sendiri dari pada harus panggil ahli, misal, kalau Anda punya kendaraan, dari pada dikit-dikit dibawa ke bengkel, lebih baik Anda rawat sendiri. Mungkin selama masa garansi, boleh Anda bawa ke bengkel, hingga lewat masa gratis nya. Baru setelahnya, Anda bermodalkan buku-buku perawatan mobil atau motor, yang tidak sampai Rp 100.000/buku dan banyak ditemukan di toko-toko buku terdekat, Anda bisa lakukan perawatan sendiri. Sekalian Anda menambah skill dan juga agar tidak mudah ditipu oleh bengkel-bengkel yang kurang bagus.

Apalagi, mobil umumnya yang perlu sering dirawat adalah, oli, busi, radiator, aki, wiper, dan ban. Ini semua kurang dari 1 juta per bulan, dan tidak semua harus diganti dalam satu bulan, sedangkan kalau Anda bawa ke bengkel setidaknya 500 ribu sampai 1 juta akan keluar, dan sering kali lebih.

Begitu pula dengan perawatan rumah, kalau dihitung-hitung tidak sampai 500 ribu per bulan, paling Anda hanya perlu kain pel dan sabunnya,  sapu, dll. Kalau Anda rawat rumah, sedikit-dikitnya seminggu sekali, Anda akan menghemat ratusan ribu bahkan jutaan, hanya untuk memperbaiki rumah yang rusak, atau malah bisa jadi Anda nya yang harus masuk rumah sakit karena rumah kotor.

Dan ingat, lebih murah lagi kalau Anda kerjakan sendiri, karena bukan hanya murah, tapi juga Anda akan lebih sehat, karena banyak bergerak, dan ini menjadi perawatan tambahan.

Selain hal-hal di atas, yang perlu dirawat adalah keuangan Anda, bagaimana caranya? Tambah wawasan Anda akan pengelolaan keuangan, melalui blog ini misalnya. Kemudian belajar disiplin dalam menjaga pengeluaran, juga merupakan cara Anda merawat keuangan. Tapi, jangan cuma jaga pengeluaran, jaga juga pemasukan, artinya, kalau pengeluaran Anda memang sudah bertambah karena Anda sekarang berkeluarga, atau karena biaya hidup bertambah, Anda perlu tambah pula pemasukan Anda, baik itu dengan cari pekerjaan baru, pekerjaan tambahan, buka usaha atau cari produk investasi baru yang lebih menguntungkan.

Perawatan bukan cuma untuk kesehatan semata tapi juga untuk barang-barang yang Anda miliki, dan keuangan Anda. Dan, kalau Anda jeli, ternyata itu semua saling berkaitan, antara perawatan kesehatan dengan perawatan barang-barang dan perawatan keuangan.

Bagi yang ingin sharing perawatan keuangan kami persilahkan…