Menyiasati Liburan Agar Tidak Mengganggu Kondisi Keuangan

liburan - ngaturduit.com

Kunci agar liburan tidak menguras kantong atau dompet adalah mempersiapkan keuangan dan keperluannya dari jauh hari. Sebelumnya, pastikan bahwa Anda telah memilih destinasi liburan dan mencari ulasan para wisatawan mengenai lokasi tersebut. Dari ulasan atau artikel biasanya kita mendapatkan gambaran mengenai objek wisata apa saja yang harus dikunjungi, tempat penginapan, dan biaya yang harus dikumpulkan.

Tentunya melihat ulasan saja tidak cukup untuk memenuhi liburan impian. Ada banyak hal yang harus Anda siapkan termasuk dari sisi keuangan.

Lima tips di bawah ini akan membantu Anda mempersiapkan liburan namun tidak menggangu kondisi keuangan Anda.

Buat Rencana Perjalanan

adventure-free-girl-indie-Favim.com-1455559

Haruskah membuat itinerary atau rencana perjalanan? Ya, itinerary sangat dianjurkan, apalagi jika Anda pergi sendiri atau baru pertama kali mengunjungi destinasi tertentu. Itinerary akan melancarkan liburan dan mencegah biaya berlebihan (over budget), asalkan biaya yang Anda tuliskan akurat. Buat secara detil, seperti: waktu, lokasi atau objek wisata, aktivitas yang akan dilakukan, transportasi dan akomodasi yang digunakan, dan biaya yang dibutuhkan.

Persiapkan Kebutuhan dari Jauh Hari

Babies_Travel_Lite_Backpack

Keuntungan menyiapkan liburan dari jauh hari, Anda bisa memenuhi kebutuhan apa saja yang belum terpenuhi, misalkan: jika Anda berniat untuk liburan ke luar negeri dan belum memiliki paspor atau visa,  Anda dapat membuatnya dari sekarang. Buat rincian barang atau kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi sebelum berlibur dan tetapkan anggarannya. Jika ada barang yang bisa dipinjam dari teman atau keluarga lebih baik pinjam, seperti koper atau kamera. Asalkan, Anda mampu menjaganya dengan baik.

Mempersiapkan Anggaran

trik-hemat-mau-liburan-nendang-siapkan-anggaran-sejak-jauh-hari-RhfjsHbjm8

Dalam setiap rencana keuangan, mempersiapkan anggaran akan selalu masuk dalam kiat mengatur keuangan. Terdengar klise namun merupakan cara yang efektif dan terkadang sulit dilakukan. Dari rencana perjalanan yang Anda buat sebelumnya, Anda bisa mengetahui berapa bujet yang harus dikumpulkan dan berapa uang yang harus Anda siapkan setiap bulannya. Jika dengan cara menabung, dana liburan masih belum terkumpul, Anda dapat memilih alternatif, seperti: menunda waktu liburan, menghemat pengeluaran dengan cara menghemat biaya makan, mengurangi nongkrong atau nonton di Bioskop, dan juga mencari sampingan pekerjaan. Yang harus diperhatikan saat menabung adalah langsung menyisihkan dana tabungan saat Anda mendapatkan pemasukkan.

Pilih Tanggal Low Season

family-councils-part-2-episode-74-2013-09-13

Cara lain untuk berlibur dan tidak menguras kantong adalah memilih waktu liburan saat low season. Low season adalah periode dimana permintaan untuk bepergian ke suatu tempat rendah, sehingga destinasi wisata menjadi lebih sepi pada umumnya. Saat low season, Anda bisa mendapatkan harga tiket khususnya pesawat lebih murah dari biasanya. Februari hingga Maret dan Oktober sampai dengan November merupakan bulan-bulan dimana maskapai penerbangan memberikan harga promo. Meskipun begitu setiap rute memiliki tanggal promo yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus tetap membandingkan harga satu dengan yang lain dan mencari tanggal promo yang tepat.

Memilih Travel Agent atau Backpacker

travel-agent-in-india1

Jika Anda tidak siap untuk menerima ‘kejutan’ sesampainya di destinasi wisata, seperti: harga hotel yang berbeda dari yang dicantumkan di itinerary. Lebih baik Anda memilih menggunakan jasa agen wisata. Menggunakan agen wisata juga ternyata bisa lebih murah jika Anda pergi beramai-ramai, dan Anda tidak perlu repot mengurus pemesanan hotel atau menentukan transportasi. Selain itu, dengan menggunakan jasa agen wisata, Anda dapat memastikan biaya yang benar-benar dibutuhkan. Anda hanya perlu menambahkan anggaran yang tidak ada dalam itinerary yang dibuat jasa agen wisata. Hanya saja, Anda tidak bisa bebas dalam menentukan lokasi dan waktu yang terbatas dibandingkan bepergian secara backpacker.

Gunakan Point Rewards Kartu Kredit

proveedor-ideal-software-viajes_6

Sebisa mungkin jangan menarik dana untuk berlibur dengan menggunakan kartu kredit. Anda masih bisa menggunakan kartu kredit, jika memanfaatkan poin rewards atau promo. Beberapa kartu kredit yang sudah bekerjasama dengan maskapai penerbangan, biasanya memberikan diskon bahkan hingga 50 persen jika memesan melalui kartu kredit. Begitupula dengan pemesanan hotel, restoran, objek wisata juga bisa Anda dapatkan jika jeli melihat promosi dari kartu kredit.

Setelah tips-tips di atas mampu Anda laksanakan, hal yang terpenting adalah mengendalikan diri sendiri saat Anda sampai di destinasi wisata. Pastikan bahwa diri Anda mengikuti itinerary yang telah dibuat sehingga tidak melebihi anggaran. Selamat berlibur!