Menjadi Pakar Investasi Belajar dari Pakar Dunia part 2

“I will tell you how to become rich. Close the doors. Be fearful when others are greedy. Be greedy when others are fearful.” – Warren Buffet

Kutipan investasi yang menarik ini berasal dari seorang investor terbesar dunia bernama Warren Buffett. Seorang investor murni dalam dunia saham.

 

Apa yang ingin disampaikan Buffett yang telah menjadi investor teratas dunia adalah sebuah mekanisme tidak biasa dimana kita sebagai investor disarankan menutup pintu, takut pada saat semua orang merasa serakah dan serakahlah pada saat semua orang takut.

 

Menutup pintu dapat berarti sebagai seorang investor kita diwajibkan menjadi seorang independent alias memiliki pendirian yang tidak suka mengikuti trend yang ada.

 

Seperti yang kita ketahui, sering kali banyak orang melakukan investasi bukan karena analisa dan pandangan pribadi, namun hanya karena euphoria. Dan hal ini dikatakan oleh Buffett sebuah kesalahan besar.

 

Pasar memiliki 4 fase utama yang akan selalu terjadi secara terus menerus, dan akan berlangsung ada selama pasar itu ada. Apakah 4 fase utama itu?

 

Pertama, fase yang dikenal dengan pembentukan harga dasar, pada fase ini adalah fase awal dimana harga terbentuk diawal, dan disinilah banyak ketidak pastian dan penuh ketakutan mengenai masa depan pasar itu sendiri. Apakah pasar itu dikemudian hari aka nada lagi, karena biasanya Fase pertma ini muncul setelah sebuah kehancuran pasar yang cukup besar dan menumbangkan beberapa perusahaan yang cukup besar.

 

Kedua, adalah fase mendaki dimana fase mendaki ini harga pada pasar mulai merangkak naik, dimana rasa optimis pada perbaikan kinerja pasar mulai ditunjang dengan berita-berita pemulihan yang sedang berlangsung. Biasanya juga tidak pasar nasional saja yang mendukung berita positif ini, namun berita luar negeri yang tidak kalah mendukung akan perbaikan kinerja yang semakin baik sehingga harga mulai meroket naik keatas.

 

Fase ketiga adalah fase akhir pendakian dimana harga mulai sulit naik dan muncul aneka berita baik dari pasar yang mengesankan pasar dalam kondisi sangat optimis terhadap kenaikan dan tentunya di bagian ini didukung berita dan fakta yang baik untuk menunjang kenaikan selanjutnya

 

Fas eke empat adalah fase penurunan harga akibat sudah terlalu tingginya harga meroket selama ini dan fase ini menimbulkan kekahwatiran dan kepanikan terhadap pasar sehingga berita-berita buruk mulai bermunculan.

 

Disinilah nasihat dari buffett dapat berfungsi dengan sangat baik, sebagai seorang investor terlebih lagi yang pemula kadang kesulitan menentukan kapan waktunya kita berinvestasi.

 

Investasi yang termudah dapat kita lakukan sebenarnya ketika semua berita trdengar negative dan seolah pasar tidak ada masa depan lagi, disitulah sebagai seorang investor dapat memulai nya dengan lebih percaya diri, dan tentu ketika semua berita sudah baik dan terdengar positif kita meredakan niat kita untuk berinvestasi lebih banyak.

 

Dalam praktek sehari-hari justru tidaklah demikian, seringkali investor semakin serakah ketika harga sedang meroket naik setinggi-tingginya dan melupakan unsur kehati-hatian disinilah hal yang sangat berbahaya.

 

Itulah sebuah hal berharga yang dapat kita pelajar dari Warren Buffett.

 

Ryan Filbert Wijaya, S.sn, ME.
Investment advisor, praktisi investasi dan inspirator investasi
@ryanfilbert 
www.ryanfilbert.com
www.facebook.com/ryanfilbertdotcom

Tags: