Mengurangi Pengeluaran

Di awal tahun 2015 setiap orang memiliki resolusi dan rencana yang ingin diraih. Berbagai rencana disusun dan juga dengan langkah demi langkah yang akan dilakukan dari awal tahun sampai akhir tahun. Salah satu langkah yang bisa diambil untuk mencapai target termasuk rencana keuangan. Dari rencana mengurangi pengeluaran, menambah penghasilan, mengurangi hutang yang konsumtif dan juga memiliki aset.

Diawali dengan rencana untuk mengurangi pengeluaran, pengeluaran yang dimaksudkan adalah pengeluaran yang sebenarnya tidak menjadi prioritas dan tidak wajib untuk dikeluarkan uangnya. Mari kita rinci, apa saja yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran:

1. Berani Katakan Tidak Pada Diskon
Diskon up to 70 %, sangat mengiurkan, kapan lagi bisa beli mumpung diskon 70% .Barang diskon sangat menggoda, padahal belum tentu barang diskon adalah yang kita perlukan. Kalau dibeli belum tentu juga akan digunakan barang diskonnya. Untuk antisipasi hal itu disarankan membawa catatan belanjaan, sehingga dapat mengurangi godaan membeli barang yang tidak ada dalam catatan berbelanja. Ketika kita melihat barang diskon kita membeli karena emosional bukan karena logika. Mari kendali diri dari membeli barang diskon belebihan.

2.Kurangi Makan di Luar Rumah
Makan adalah kebutuhan, namun kalau makan di restoran mewah namanya keinginan bukan lagi kebutuhan. Mari kurangi frekuensi makan di luar rumah, dengan membawa makanan dari rumah dan makan di rumah. Selain berhemat tentu juga lebih higienis. Jika ingin makan di luar rumah frekuensinya dikurangi. Kalau setiap hari makan di luar rumah, tentu saja menguras kantong.

3. Kurangi Biaya Hiburan
Selepas bekerja tentu kita membutuhkan hiburan setelah lelah bekerja. Baik menonton bioskop, menonton konser dan juga ngopi cafe. Namun ternyata untuk hiburan biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Coba pertimbangkan mengurangi ngopi di cafe, bisa dengan ngopi di rumah. Menonton di bioskop boleh tapi tentu tidak sampai setiap film terbaru ditonton. Menonton konser, ingin menonton konser penyanyi idola tentu boleh namun pertimbangkan apakah hal tersebut jadi prioritas?

Ada pendapat lain budget yang bisa dikurangi lagi? Mari berbagi pendapat!

User Rating: 3.0 (3 votes)
Sending