Mengurai Benang Ruwet Bernama Investasi

Bagi banyak orang mengenal investasi bagaikan benang yang kusut atau ruwet.

Mengapa bisa demikian? Karena bagi seorang yang awam berinvestasi sangat pantang hukumnya karena khawatir akan kerugiannya, namun coba kita simple kan pemikiran akan kerugian dengan hal sederhana disekitar kita akan investasi.

 

Apakah anda pernah masuk sekolah hingga kuliah? Ya itu adalah investasi dlm ilmu dan pengetahuan. Apakah anda pernah sedikit terpaksa unt ikut ajakan teman anda ke suatu tempat dan anda tetap jalani? Ya itu adalah investasi dlm persahabatan. Apakah anda jg membeli hal kebutuhan pribadi unt memperbaiki penampilan anda? Ya itu dinamakan investasi pd penampilan.

 

Setiap anda sedang memilih anda dihadapkan pd banyak pilihan. Namun karena anda paham akan keperluannya, maka anda wajib memilih pilihan yang ada. Apakah pilihan yg anda lakukan 100% tepat selalu? Tidak juga nampaknya. Namun mengapa anda tetap memilih? Ya, lagi2 karena anda tau bahwa anda perlu sehingga wajib untuk memilih.

 

Investasi yang saya maksudkan adalah investasi keuangan untuk kehidupan. Mengapa uang dan hidup? Karena suka tidak suka, untuk bisa melanjutkan kehidupan di masa saat kita tdk lagi bekerja ujung2nya perlu uang. Betul? Investasi pada uang seperti apa yg bisa membawa pada kehidupan masa depan yang lebih baik?

 

Saya juga tidak tau yang 100% tepat. Oleh karena itu kita perlu mengenal investasi ada apa saja, saham kah, surat hutang kah, deposito kah, emas kah, property kah, mata uang kah dan lainnya. Karena anda tdk tau yang mana yg tepat mulai lah dgn memilikinya salah satu dan pelajari rumput tetangga. Dan Milikilah juga yang lain.

 

Sebab di investasi perlu mulai memilih dan membandingkan. Namun tidak pernah salah bila anda memiliki nya yang manapun lebih dulu. Apakah yg lebih tepat? Jawaban atas pertanyaan itu lebih tepatnya adalah Milikilah sebanyak2 nya dan disiplin untuk memperbanyak di semua nya.

 

Marilah mulai memilih, setelah itu memahami, dan disiplin mengakumulasi atau memperbanyak yg sudah anda miliki.

Ryan Filbert Wijaya, S.sn, ME.
Investment advisor, praktisi investasi dan inspirator investasi
@ryanfilbert 
www.ryanfilbert.com
www.facebook.com/ryanfilbertdotcom