Mengapa Pasar Modal akan Crash di 2016 menurut Robert Kiyosaki

kiyosaki prophecy

Pada 28 Juni 2015, dalam sebuah wawancara, Kiyosaki menjelaskan mengapa menurut dia pasar modal akan mengalami crash yang hebat pada tahun 2016. Prediksi tersebut sebenarnya sudah dia buat sejak tahun 2002 melalui bukunya yang berjudul Rich Dad’s Prophecy. Prediksi Kiyosaki ini didasari ‘kebodohan’ dari program 401K, sebuah kebijakan investasi reksadana skala nasional yang dikeluarkan pemerintah Amerika Serikat.

Melalui program 401K, pegawai bisa memilih untuk membeli reksadana, dimana perusahaan tempat mereka bekerja akan menyamakan jumlah investasi pegawai. Saat pertama kali mendengar tentang 401K pada tahun 1975*, Kiyosaki curiga. Robert Kiyosaki berpendapat bahwa kebijakan ini sebenarnya taktik pajak pemerintah semata dan bahwa sebenarnya pegawai yang membayar untuk 100% pembelian reksadana tersebut, mirip seperti pajak penghasilan, dimana gaji dipotong pajak di depan.

Kelemahan dari kebijakan 401K adalah bahwa pegawai sebaiknya mulai menarik dana pada saat pensiun, atau kurang lebih pada tahun 2016. Pada saat itu, yang terjadi adalah generasi baru memasukkan dana investasi mereka dengan harapan pasar akan naik, padahal di saat yang bersamaan, generasi ‘baby boomer’ (lahir 1946-1964) mulai menarik dana mereka. Bagaimana pasar bisa naik jika banyak yang menarik dana keluar dari pasar?

Selain itu, beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam memprediksi market crash adalah kebijakan pemerintah AS yang terus mencetak uang melalui kebijakan Quantitative Easing (QE) dan peningkatan terorisme di dunia. Jadi prediksi market crash Robert Kiyosaki pada dasarnya adalah tebakan berdasarkan kombinasi matematika sederhana dan yang dianggapnya sebagai faktor ‘kebodohan’ pemerintah.

Menurutnya, saat ini pasar sedang dalam posisi “pump and dump”, yaitu harga mencapai all time high namun para pemain utama sedang menjual saham mereka. Salah satu cara adalah dengan memanfaatkan perusahaan untuk membeli saham agar harga naik, sementara para CEO menjual saham pribadinya. Kiyosaki juga meyakini bahwa market crash 2016 akan lebih buruk dibanding 2007.

Cukup menarik pendapat Kiyosaki. Bagaimana menurut Anda? Apakah akan terus bullish atau Anda pun mulai ragu akibat terjadinya beberapa koreksi pasar belakangan ini, atau bahkan setuju dengan pendapat Kiyosaki bahwa sekarang adalah saatnya menjual?

*401K mulai diberlakukan pada tahun 1978. Mungkin om Kiyosaki sedang lelah atau sedikit lupa ingatan :D (https://en.wikipedia.org/wiki/401(k))

Saksikan wawancara lengkap Robert T. Kiyosaki di sini:

User Rating: 5.0 (1 votes)
Sending
  • http://hipxdownloads.blogspot.com/ Nancy

    Realmente Increíble !!!
    Gracias por compartir este post. Este mensaje me hizo para visitar una vez más. Espero que u publicar esas cosas de nuevo. Dying Light PC Repack Free Download

  • E S H

    reksadana saham luar apa lokal yah…?

    • ngaturduit.com

      yang dimaksud artikel adalah luar, namun jika benar mengakibatkan market US crash, tentu dampaknya akan terasa di sini

      • E S H

        jika saya ada plan untuk menjadi seorang broker forex, katakanlah perusahaan luar yang berada diIndonesia, apakah sudah telat untuk diusia 30 tahun ini..?