Mencari Penghasilan Tambahan

penghasilan tambahan

Beberapa tulisan terakhir kami membahas mengenai kenaikan harga-harga yang berdampak dengan kita harus menyesuaikan keuangan dengan cara menekan anggaran. Bahkan sudah memberikan contoh menghemat pengeluaran konsumsi dan transportasi.

Cara lain untuk menghadapi kenaikan harga adalah dengan menambah penghasilan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dari rumah untuk menghasilkan duit. Bagi ibu rumah tangga, ini adalah cara yang bisa lumayan membantu meningkatkan penghasilan keluarga, sedangkan bagi yang punya pekerjaan tetap, bisa menambah penghasilan tanpa harus menganggu pekerjaan utama.

Jaman sekarang istilah SOHO (Small Office Home Office) sudah semakin banyak diterapkan di masyarakat kita. Memang untuk beberapa komplek perumahan baru, sudah dilarang untuk membuat kantor di rumah. Tapi ada pekerjaan-pekerjaan rumahan yang bisa tetap dilakukan di rumah tanpa harus melanggar ijin. Mau tahu apa saja? Ini ada beberapa contoh:

1. Design Web atau Design Graphic
Sekarang semakin banyak usaha kecil bermunculan, bagi mereka yang memiliki keterampilan di design web atau design graphic bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha. Desainer merupakan pekerjaan yang fleksibel waktu sehingga tidak menganggu mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetap.

2. Penulis
Masyarakat kita saat ini semakin haus informasi, maka menjadi penulis bisa juga menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Tidak harus menulis buku, bisa menulis blog mengenai makanan atau review restoran, misalnya.

3. Kue / Makanan
Bagi ibu-ibu yang gemar memasak bisa menggunakan keterampilannya untuk membuat usaha kue rumahan. Kue bisa dijual di sekitar rumah atau di kantor.

4. Membuat Video Tutorial atau Review
Masyarakat Indonesia haus akan informasi. Dengan kecanggihan Internet, Anda bisa membuat video online di youtube. Contohnya EvanTubeHD yang berisi sebuah ibu dan anak melakukan review mainan dan game. Dengan 476rb subscriber, diperkirakan mereka mendapatkan penghasilan $1jt  per tahun!

5. Berdagang
Dagang bukan berarti Anda harus stok barang lho. Bisa saja pakai model dropship, yaitu Anda menjual barang orang lain, tinggal mencari pembeli. Pengirimannya pun si supplier yang akan melakukannya.

Sepertinya tidak mungkin menulis semua jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah karena pasti jumlahnya banyak sekali. Namun setidaknya beberapa ide di atas bisa menjadi inspirasi untuk mencari penghasilan tambahan.

Tapi tetap perlu diingat, meskipun sampingan, bisnis harus disiplin. Begitu bermalas-malasan, layanan menurun, pelanggan bisa lari. Malah bisa menambah biaya yang tidak perlu, seperti biaya listrik, gas, atau Internet. Jika ternyata usaha sampingan Anda sukses, bukan tidak mungkin bisa mengalahkan penghasilan dari pekerjaan tetap Anda dan bisa menambah opsi untuk lebih fokus pada usaha tersebut.

“Anda lebih pilih mana? Memperketat anggaran atau menambah penghasilan? Alangkah baiknya jika bisa melakukan dua-dua nya.”

Bagi rekan-rekan yang mau sharing terkait pengalamannya mengencangkan pinggang atau mencari penghasilan tambahan, kami persilahkan, monggo share di bagian komentar…

User Rating: 5.0 (3 votes)
Sending