Mempersiapkan Hari Tua

Tahap Persiapan Hari Tua

Mempersiapkan hari tua sejak dini adalah langkah yang sangat bijaksana, idealnya pada saat seseorang sudah memiliki penghasilan, saat itu pula dia harus mulai menyisihkan pendapatan tersebut untuk persiapan dana pensiun. Perlu diketahui bahwa aset terbesar seseorang dalam mempersiapkan dana pensiunnya adalah waktu.

Berikut adalah fase finansial dalam hidup yang biasanya dialami oleh manusia:

1. Early years
Pada masa ini, dimulai dari usia sekitar 23 tahun atau pada saat seseorang tersebut mulai lulus kuliah dan bekerja, pada masa ini hingga biasanya usia 45 adalah fase akumulasi kekayaan. Fokus utamanya adalah membentuk keluarga, menabung untuk mencapai tujuan perencanaan asuransi, membeli rumah, dan melakukan level awal penetapan tujuan perencanaan pajak dan waris.

2. Golden years
Pada masa emas, yaitu masa mendekati pensiun adalah masa meningkatnya level pendapatan, serta seseorang akan mulai memonitor tingkat tabungan pensiun. Ada masa sekitar 22 tahun untuk bekerja dan persiapan dana pensiun hingga usia 55 tahun.

3. Retirement years
Menginjak usia 55 tahun, adalah usia pensiun standar jika seseorang bekerja di perusahaan, pada masa ini jika seseorang tidak mempunya penghasilan lagi, adalah fase pengeluaran dari dana pensiun yang telah dipersiapkan sepanjang masa bekerja.

Pertanyaan pentingnya adalah sampai berapa lama dana pensiun tersebut akan mencukupi hidup anda dan apakah jumlahnya akan cukup berdasarkan gaya hidup yang anda pilih pada masa pensiun nanti ?

Oleh karena itu, selagi dini hendaknya kita sudah mulai fokus untuk turut juga mempersiapkan dana pensiun anda, adapun tahapan perencanaan dana pensiun adalah:
Menetapkan tujuan
• Menghitung biaya dimasa pensiun
• Putuskan apakah anda mampu pensiun
• Tentukan lokasi pensiun
• Perawatan kesehatan dan asuransi.

Melalui tahapan-tahapan tersebut diharapkan anda bisa lebih bijak dalam mengatur arus kan bulanan anda dari gaji yang sekarang untuk dialokasikan ke aset aktif ataupun aset investasi untuk persiapan pensiun anda nanti. Selamat berinvestasi.

Liza Herlina (Associate Planner)
ZAP Finance
Gedung Menara Prima lantai 26D
Jl. Lingkar Mega Kuningan
Jakarta 12950
Telp. (021) 5794-8059
Fax. (021) 5794-8057
Twitter: @zapfinance
Email: info@zapfin.com

Lakukan manajemen keuangan dan investasi dengan mudah di http://www.ngaturduit.com