Long Weekend

 

Bagi anda para pemerhati kalender, terutama tanggal merah, tentunya anda bisa mulai merasa girang karena bulan telah berganti ke bulan Mei. Bagi anda yang belum sadar, mungkin karena bekerja terlalu sibuk, di bulan Mei tahun ini tersedia begitu banyak tanggal merah dan hari kejepit! Entah kapan kalender seperti ini bisa terulang kembali. Jadi, manfaatkanlah momen bulan ini sebaik-baiknya.

 

Bulan ini memiliki cukup banyak tanggal merah yang membuat hari kejepit. Hari kejepit ini beberapa muncul di saat weekend. Kamis libur, Jumat kerja, Sabtu Minggu libur lagi. Andai anda bisa mengambil jatah cuti di hari Jumatnya, lumayan bisa kabur sejenak dari ruwetnya aktivitas sehari-hari. Long weekend dari Kamis sampai Minggu pasti cukup untuk sekedar menyegarkan kepala anda.

 

Andai anda ternyata menjadi salah satu yang berencana untuk menghabiskan waktu liburan di saat long weekend, lebih baik persiapkan juga dari sisi keuangannya. Apa saja yang kira-kira perlu dipersiapkan?

 

Anda pasti sudah punya rekening berisi dana darurat (jika belum, mulai kumpulkan!). Bawalah akses terhadap rekening tersebut, seperti kartu atm, bersama anda. Kenapa harus dibawa? Karena anda tidak tahu apa yang akan terjadi dengan anda atau keluarga anda. Ketika anak anda tiba-tiba demam di malam hari, anda tidak akan pernah tahu apakah klinik setempat dapat menerima alat pembayaran kartu kredit.

 

Kartu kredit memang menjadi salah satu alat pembayaran yang aman dan nyaman. Anda bisa menggunakan satu kartu kredit untuk melakukan seluruh pembayaran aktivitas selama liburan anda, seperti makan atau berbelanja. Tapi ingat, langsung lunasi seluruh transaksi tersebut pada saat tagihan datang! Kartu kredit tersebut hanya untuk mempermudah cara pembayaran anda, supaya tidak perlu membawa cash terlalu banyak. Bukan untuk ngutang.

 

Tambahannya adalah tentukan budget saat anda masih di rumah. Cobalah lakukan survey melalui internet mengenai tempat tujuan liburan anda. Cek berapa biaya hidup di sana, berapa harga suvenir, berapa rata-rata harga rumah makan, dan sebagainya. Hal ini agar keuangan anda tidak jebol selama berlibur.

 

Beberapa poin tadi adalah sebagian hal yang perlu anda perhatikan pada saat ingin berlibur di long weekend. Ingat, rencanakan semuanya sebaik mungkin sampai ke aspek keuangannya. Anda berlibur long weekend untuk menyegarkan pikiran, bukannya malah menambah pening kepala anda pada saat pulang dari liburan.

 

Avian Dwiputra | @sayaAvi
COO & Senior Advisor Ardana Consulting

 

Lakukan manajemen keuangan dan investasi anda dengan mudah di http://www.ngaturduit.com

cheap ralph lauren,ralph lauren italia outlet online,christian louboutin wedding shoes,louis vuitton bags,ralph lauren online australia

Tags: